Kurangi Keterisolasian di Perbatasan, Lion Air Berniat Buka Rute Penerbangan di Long Bawan Krayan

NUNUKAN (berandatimur.com)  – Berniat mengurangi keterisolasian di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia maskapai Lion Air Grup berencana membuka rute baru lagi di Long Bawan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Diungkapkan Direktur Operasional Lion Air Grup Redi Irawan saat peluncuran penerbangan perdana pesawat Wing Air di Bandara Nunukan, Kamis bahwa rencana ini menunjukkan perusahaan penerbangan dengan jumlah pesawat terbanyak di dunia peduli dengan pelayanan kepada masyarakat perbatasan.

Rute baru itu, nantinya melayani penerbangan dari Bandara Malinau menuju Bandara Long Bawan dan sebaliknya.

Baca Juga:  Irianto: Tahap Awal Pembangunan PLBN Labang Mulai Dikerjakan Kementerian PUPR

Hanya saja, kata Irawan sapaan Direktur Operasional Lion Air Grup ini, masih harus dikaji terlebih dahulu kelayakan landasan pacu bandara yang berada di perbatasan Indonesia dengan Negeri Sarawak Malaysia tersebut.

Ia mengatakan, kondisi landasan pacu Bandara Long Bawan belum memenuhi standar penerbangan dengan pesawat miliknya.

Untuk mewujudkan niatnya itu, dia akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk perbaikan landasan pacu dengan menambah ketebalan aspalnya.

Selain itu, panjang landasan juga menjadi perhatiannya sebelum resmi membuka rute baru, kata dia.

Maskapai Lion Air Grup, tambah Irawan, berkomitmen mengurangi keterisolasian daerah dan masyarakat di wilayah perbatasan di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Utara.

Baca Juga:  Warung mie ayam berbahan dasar daun kelor kini hadir di Larantuka 

Sebagai perusahaan penerbangan terbesar dengan jumlah pesawat terbanyak di dunia dengan 25 rute yang telah dilayani  termasuk Nunukan-Tarakan yang baru diluncurkan.

Adapun jenis pesawat yang akan melayani penerbangan di Bandara Long Bawan adalah ATR 72-600.

Ketika ditanya soal rute Bandara Nunukan menuju Long Bawan, Irawan menegaskan belum ada rencana. Tetapi dalam programnya yang telah masuk dalam jadwal penerbangannya sementara ini akan merealisasikan rute Bandara Malinau-Long Bawan dulu. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here