Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur oleh Pemerintah Pusat mendapatkan reaksi beragam. Sambutan Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid terkait rencana ini menilai telah melalui pertimbangan matang dengan berbagai alasan.

“Masalah pemindahan ibukota negara oleh Pemerintah Pusat tentunya telah melalui pertimbangan matang berkaitan dengan kondisi bangsa kita,” ujar Laura usai menghadiri upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan, Kamis, 22 Agustus 2019.

Namun dia nilai pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur tentunya lebih menguntungkan bagi Kaltim sendiri sebagai lokasinya karena menjadi pusat pemerintahan nantinya.

Menurut Laura, secara pribadi sangat mendukung pemindahan Ibukota Negara tersebut. “Saya kira wacana pemindahan Ibukota Negara adalah program Pemerintah Pusat dimana jatuhnya di Kalimantan Timur,” ujar dia.

Baca Juga:  Laura Datangi Kemenhub, Minta Pelabuhan Feri Sei Jepun Dikelola Pusat

Laura secara terbuka menyatakan, pertimbangan pemindahan Ibukota Negara telah sesuai dengan kondisdi bangsa misalnya masalah perekonomian. Sebenarnya rencana pemindahan Ibukota Negara bukan baru kali ini tetapi telah dihembuskan sejak lama.

Oleh karena itu, dia tekankan, banyak hal yang perlu dipikirkan terkait dengan kondisi ril terkait dengan kondisi bangsa. Hanya saja, dampak langsung ke Kabupaten Nunukan tidak terlalu penting karena letaknya di Kaltim. “Kalau dampaknya ke Kabupaten Nunukan tidak terlalu besar karena berada di Kaltim,” tambah dia.

Hanya saja, Laura tetap mendukung rencana pemindahan Ibukota Negara Indonesia ke Kaltim.

  • Rencana Kunjungan Jokowi ke Nunukan belum final
Baca Juga:  Virus Corona "Serang" Sabah, PWI Kaltara Sarankan Perketat Perbatasan

Rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara pada 31 Agustus 2019 dalam rangka puncak Konser Perbatasan belum final karena informasinya sedang dirapatkan pada tingkat Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

“Belum dapat informasi pastinya soal rencana kunjungan bapak Presiden (Jokowi) ke Nunukan,” kata Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid usai menghadiri serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan, Kamis.

Ia mengakui, memang ada wacana kunjungan Jokowi ke daerahnya sekaitan dengan puncak Konser Perbatasan tersebut yang rencananya digelar di Tugu Dwikora Alun-alun Nunukan pada akhir Agustus 2019 nanti. Tetapi kepastiannya kedatangannya belum diperoleh dari Kementerian Kominfo RI.

Baca Juga:  Nunukan Wacanakan Bangun Wahana Bermain Demi Geliatkan Ekonomi Mikro

“Tapi pastinya Menteri Kominfo akan hadir. Kalau pak Presiden Jokowi belum tau,” ujar dia. Laura menambahkan, Pemkab Nunukan tetap menunggu informasi lebih lanjut dari pusat. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here