Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid saat memberikan jawaban atas raperda inisiatif DPRD Tentang pengelolaan sampah pada rapat paripurna ke-6 masa sidang ke II, Rabu (3/7). Foto: Taufik
Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Penyampaian jawaban pemerintah daerah terkait raperda inisiatif DPRD tentang pengelolaan sampah, Bupati Kabupaten Nunukan Hj Asmin Laura Hafid mengapresiasi dan menilai hal tersebut sangat di perlukan.
Sebab penanganan sampah adalah tanggungjawab bersama dalam mewujudkan Kabupaten Nunukan yang bersih.
Untuk itu, dia mengharapkan, perlunyan peran seluruh komponen masyarakat agar tetap menjaga kebersihan baik di lingkungan kerja, pemukiman penduduk maupun di tempat umum.
“Permasalahan sampah menjadi tanggungjawab kita semua sehingga penanganannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dimulai dari sumber hingga pada tempat pembuangan akhir,” harap Laura.
“Setiap hari kita harus mengambil peran secara massif menangani dan mengurangi sampah secara berangsur-angsur di Kabupaten Nunukan ini,” kata dia pada rapat paripurna ke-6 Masa Sidang II DPRD Nunukan, Rabu, 3 Juli 2019.
Lebih Lanjut Bupati Nunukan mengatakan bahwa inisiasi raperda tersebut dalam rangka melakukan penyempurnaan atas Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 12 tahun 2008 tentang Pengelolaan Kebersihan.
Menurut Laura, sejak terbitnya undang-undang tentang sampah beserta seluruh peraturan pelaksanaan yang mengikuti, telah menjadi perubahan yang mendasar terhadap istilah dan strategi pengelolaan sampah.
“Kita berharap dalam pembahasan lebih lanjut, secara bersama-sama antara badan pembentukan perda DPRD dan Tim Asistensi dan harmonisasi Produk Hukum Daerah dapat melakukan pengharmonisan, pembulatan dan pemantapan konsepsi raperda dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan kecermatan sesuai dengan asas pembentukan peraturan perundang-undangan,” tegas dia.
Ia berpandangan, masalah sampah di Kabupaten Nunukan bisa teratasi dengan baik, jika peran aktif masyarakat meningkat, demikian juga dilingkungan pemerintahan.
Oleh karena itu, sangat diperlukan rumusan regulasi untuk menangani pengelolaan sampah, bukan hanya di lingkungan sekitar tetapi diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Penulis: Taufik
Editor: M Rusman

Baca Juga:  Nunukan Wacanakan Bangun Wahana Bermain Demi Geliatkan Ekonomi Mikro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here