Listrik Padam, Sulselbar Lumpuh

Makassar (berandatimur.com) – Listrik padam di seluruh wilayah Sulsel dan Sulbar sejak pukul 15.00 wita menyebabkan situasi pada kedua provinsi ini lumpuh total.

Sebagaimana yang diutarakan, Ahmad Hasyim, warga Kabupaten Bulukumba, Sulsel melalui akun facebooknya, Kamis (15/11), akibat padamnya listrik maka seluruh aktivitas warga tidak berjalan seperti biasanya.

Ia mengatakan, sesuai informasi yang diperoleh dari PLN setempat pemadaman terjadi akibat adanya gangguan pada jaringan transmisi yang masih ditelusuri sampai sekarang.

Hal yang sama dikatakan, Pujiati Arif warga Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar bahwa di daerahnya pun mengalami pemadaman listrik sejak pukul 15.30 wita sampai saat ini yakni pukul 23.47 wita.

Baca Juga:  Pasien COVID-19 Terakhir Dinyatakan Sembuh, Flores Timur Masuk Zona Hijau.

Akibatnya, seluruh wilayah di kabupaten itu gelap gulita dan aktivitas warga terhenti. “Listrik mati disini (Mamuju Tengah) sejak jam 3 (pukul 15.00 wita),” beber dia.

Seorang warga Kabupaten Gowa, Sulsel bernama Ajun, tinggal di BTN Bumi Sukma Permai Jalan Poros Malino pun mengalami hal yang sama.

Suasana gelap gulita pada salah satu rumah warga di Jalan Hertasning Kota Makassar, Jumat (16/11) sekira pukul 00.03 wita

Pria ini sangat khawatir usahanya menjual nasi kuning akan terhambat akibat pemadaman listrik yang cukup lama.

Sebab kebutuhan air bersih di rumahnya dan kompleks perumahan tersebut menggunakan sumur pompa menggunakan tenaga listrik.

“Kalau listrik mati begini maka tidak bisa buat nasi kuning untuk dijual besok pagi (Jumat). Karena air disini pakai mesin,” ujar mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Kota Makassar.

Baca Juga:  PLN: Pemda Nunukan dapatkan pajak 5 persen dari pembelian token. Uangnya dikemanakan??? 

Sedangkan pantauan di Kota Makassar, pemadaman listrik ini menyebabkan traffic light padam.

Oleh karena itu, arus kendaraan terganggu yang menyebabkan macet total pada seluruh ruas jalan di kota itu.

Lumpuhnya arus kendaraan di Kota Makassar masih terus berlangsung hingga pukul 23.56 wita. Hanya lampu kendaraan yang menyala karena suasana memang gelap gulita.

Kendaraan hilir mudik di perbatasan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa pada Jumat (16/11) sekira pukul 00.23 wita

“Makassar dan Gowa bagaikan kota mati gara-gara listrik mati sangat lama. Bayangkan kalau pemadaman sudah berlangsung sejak jam 3 (pukul 15.00 wita) sampai sekarang,” keluh seorang warga Jalan Hertasning Makassar.

Sejumlah warga yang nongkrong di pinggir jalan yang berhasil ditemui mengatakan, terpaksa keluar dari rumahnya karena kepanasan.

Baca Juga:  Libas Hongkong 3-1, Indonesia Puncaki Grup A

Alasan ini benar, berhubung seluruh pendingin dalam rumahnya dipastikan tidak berfungsi.

Hingga Jumat (16/11) pukul 00.17 wita kendaraan masih hilir mudik pada sejumlah ruas jalan di Kota Makassar. Namun suasana pada semua persimpangan mengalami kemacetan total akibat traffic light tidak berfungsi. (***)

Editor: M Rusman

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here