Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Nunukan, Alis Suyono.

NUNUKAN (berandatimur.com) – Eks penghuni lokalisasi Persemaian Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara “terlantar” akibat dana modal usaha yang dijanjikan belum juga dicairkan.

Sehubungan dengan masalah ini, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Nunukan, Alis Sujono di Nunukan, Rabu membenarkan, dana sebesar Rp5 juta per orang belum dicairkan Kementerian Sosial RI.

Alis Sujono mengatakan, sebenarnya sebelum dilakukan penutupan lokalisasi ini dananya telah disediakan pemerintah pusat tetapi saat itu dialihkan membantu korban gempa tsunami di Sulawesi Tengah.

Oleh karena itu, Pemkab Nunukan mengajukan kembali proposal untuk membayar eks penghuni lokalisasi ini sesuai yang dijanjikan sebelumnya.

Baca Juga:  Pemilik Lahan Beberkan Koordinat Pelabuhan Seimenggaris tak Sesuai Arahan Pusat

“Kita (Pemkab Nunukan) baru mengajukan proposal kembali untuk membayar eks penghuni lokalisasi ini,” sebut Alis Suyono.

Jumlah eks penghuni lokalisasi Persemaian Kabupaten Nunukan tercatat 27 orang diantaranya 12 orang harus dikembalikan ke kampung halamannya karena tidak memiliki identitas kependudukan Kabupaten Nunukan

Mengenai biaya pemulangan ditanggung oleh Pemprov Kaltara. Dana dekonsentrasi tersebut telah pernah dicairkan ke kas daerah Kabupaten Nunukan tetapi dikembalikan karena belum ada dana modal usaha tersebut,  kata Alis Suyono.

Ia mengharapkan, dana modal usaha dari pemerintah pusat segera direalisasikan pada tahun 2019 ini agar 12 eks penghuni ini dapat dipulangkan ke kampung halamannya.

Baca Juga:  Ada pajak 5 persen ditarik Pemkab Nunukan dari token listrik, jalanan tetap gelap gulita

Menurut dia, Pemkab Nunukan tidak bisa berbuat apa-apa terkait masalah ini karena penutupan lokalisasi ini merupakan program Kementerian Sosial yakni 2019 bebas lokalisasi prostitusi.

Alis Suyono menyadari, dikhawatirkan keterlambatan pembayaran dana modal usaha ini akan berdampak pada gejala sosial lain di masyarakat. (***)

Editor  : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here