Makassar (berandatimur.com) – Sebuah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Pemberdayaan Ekonomi berlabel “Sahabat Paldin” dalam waktu dekat ini akan diresmikan pembentukannya melalui deklarasi di Pantai Lemo-Lemo Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

Ketua LSM “Sahabat Paldin” bernama Supaldin melalui keterangan tertulisnya dari Makassar, Kamis (23/8) mengutarakan, awal insiatif pembentukan LSM ini atas berbagai saran dan olah pikiran dengan harapan dapat membantu masyarakat di Kecamatan Bonto Bahari.

Terkait akta pendirian dan peraturan organisasinya sebagai payung akselerasinya nanti telah siap jauh-jauh hari.

LSM yang digagas oleh Supaldin selaku ketuanya bertujuan pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan dalam jangka waktu yang terbatas.
Lembaga yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945 ini nantinya akan berkedudukan di Tanahberu Kecamatan Bonto Bahari dengan mengedepankan kontribusi terhadap perekonomian pemberdayaan masyarakat khususnya golongan ekonomi lemah.

Baca Juga:  Kapolres : Ada Kelompok Radikal/Teroris di Nunukan

Selain itu, LSM ini akan berupaya menggali dan melestarikan budaya leluhur, budaya bangsa yang agung, yang saat ini mulai ditinggalkan.

Tujuan utamanya adalah agar seluruh rakyat Indonesia umumnya, khususnya masyarakat Tanahberu Kecamatan Bonto Bahari dapat mengalami peningkatan tarap kehidupan secara ekonomi.

Mengurangi jurang perbedaan tingkat sosial ekonomi masyarakat serta hidup rukun berbudaya luhur melalui penanaman nilai-nilai budaya, norma dan tabiat sebagai bangsa yang besar dan dihormati di mata internasional.

Tanahberu yang dikenal pusat pembuatan perahu phinisi dimana produksinya pernah sukses mengarungi samudera hingga Madagaskar ini keberadaan LSM yang melakukan
kontrol sosial sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Pria Pengedar Sabu-Sabu Diringkus di Rumahnya

Sebagaimana visi misi LSM “Sahabat Paldin” ini yakni mengembangkan kepeloporan masyarakat Tanahberu agar¬† memilki sikap berani tampil ditengah-tengah masyarakat secara bertanggung jawab dan menjunjung tinggi keadilan.

Lalu, Supaldin berkeinginan, masyarakat Tanahberu mampu meningkatkan peran dalam membangun bangsa secara ril dalam bentuk peran pelaksana, pembinaan, pengawasan dan kontrol sosial yang dilaksanakan secara kritis, konstruktif, konsepsional terhadap para pelaksana pembangunan atau pemerintah.

Ditambah mampu memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat,
melaksanakan dan membuat studi dan kajian tindak serta investigasi,
pendampingan dan konsultasi,
sosialisasi program.

Kedepannya berupaya mendirikan dan menyelenggarakan Pusat Informasi Data Ekonomi, menyelenggarakan pendidikan dan latihan untuk memberdayakan usaha ekonomi kerakyatan.

Baca Juga:  TKI Asal Bulukumba dan Sinjai Ditangkap Polisi Nunukan Karena Bawa Sabu-Sabu dari Malaysia

Lembaga ini juga akan mendorong terciptanya kesetaraan upah kaum buruh yang sesuai dengan kebutuhan hidup yang layak, kepariwisataan, perikanan, kelautan dan usaha-usaha kerakyatan lainnya.

Ia menambahkan, LSM bentukannya  bersifat dinamis, fleksibel, sosial kemasyarakatan dan tidak mengejar keuntungan. Tetapi semata-mata menekankan pada kepentingan masyarakat Tanahberu. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here