Mahasiswa UNM teliti pengaruh efikasi diri terhadap minat belajar

Mahasiswa UNM Teliti Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Belajar
Mahasiswa UNM yang melakukan penelitian terkait efikasi diri dari kejenuhan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di Kota Makassar. FOTO: Kristiani Tandi Rani/BERANDATIMUR.COM

Makassar (BERANDATIMUR) – Salah satu masalah serius dalam dunia pendidikan adalah rendahnya efikasi diri yang memicu kejenuhan belajar sebagai akibat dari pembelajaran daring.

Sebagaimana disampaikan Ummi Rawdlah Humaira selaku peserta pelatihan metodologi penelitian XXV pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dengan judul “Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar yang Dialami Mahasiswa dan Pelajar di Kota Makassar”.

Kejenuhan belajar mahasiswa disebabkan pembelajaran daring menjadi awal dari penelitian ini. “Kalau inspirasi kelompokku itu dapat dari melihat situasi yang dirasakan oleh angkatan 2021,” ujar mahasiswa Psikogi UNM ini pada Selasa, 26 Juli 2022.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UNIPA Maumere bersihkan jalan lintas provinsi di Lewomada

Ia menjelaskan efikasi diri sangat berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa. Oleh karena itu, Ummi bersama kelompoknya mengumpulkan fakta berdasarkan daftar pustaka yang memperoleh kesimpulan mengenai efikasi diri dan minat belajar.

“Jadi pengaruhnya kejenuhan belajar sama mahasiswa itu akan membuat seseorang lebih sulit mnyelesaikan tugasnya, nah dari tinjauan pustaka yang kelompokku telah lakukan diketahui penyebab kejenuhan belajar dapat terjadi karena rendahnya efikasi diri,” terang Ummi kepada awak media ini.

Setelah melakukan penelitian, saat ini belum menawarkan solusi tetapi lebih fokus pada pengaruh efikasi diri khususnya bagi mahasiswa dan pelajar di Makassar.

Baca Juga:  Mahasiswa asal Bone di Yogyakarta dikejutkan kehadiran Andi Fahsar di warung makan

“Untuk solusi kelompokku belum tentukan karena kami masih belum melakukan penelitian secara langsung (turun lapangan), tapi dari proposal ini kami ingin mengetahui dulu bagaimana efikasi diri dari mahasiswa di Kota Makassar dan pelajar,” tutur Ummi.

Ia berharap penelitian ini mampu bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan memberikan masalah bagi kejenuhan akademik.

“Harapan kami penilitian ini bisa bermanfaat dalam pengembangan ilmu sosial khususnya minat kajian pendidikan dengan memberikan kontribusi terkait masalah kejenuhan akademik,” harapnya. (mg02)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here