Mahasiswa UNM teliti persepsi implementasi Kurikulum Merdeka

Mahasiswa UNM Teliti Implementasi Kurikulum Merdeka
Tim peneliti implementasi Kurikulum Merdeka Rizky Aditya bersama tim. FOTO: Doc

Makassar (BERANDATIMUR) – Implementasi Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2022/2023 menuai berbagai persepsi dari masyarakat. Disisi lain kurikulum ini masih dini dalam penerapan, sehingga mendasari Rizky Aditya bersama tim akan melakukan penelitian dengan judul “Persepsi Tenaga Pendidik dan Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Makassar”.

Berdasarkan pengalaman di lapangan dengan awamnya Kurikulum Merdeka dalam dunia pendidikan yang menjadi inspirasi awal penelitian ini.

“Kami dan tim mendiskusikan mengenai isu yang hangat di SKIM pendidikan dan menemukan kurikulum merdeka karena ini merupakan kurikulum yang masih baru,” kata Rizky kepada awak media ini pada Rabu, 27 Juli 2022.

Baca Juga:  Diklaim Super Ngebut Hingga 800 Mbps, Qualcomm Resmi Perkenalkan Snapdragon 712

Mahasiswa jurusan pendidikan matematika FMIPA UNM ini menjelaskan penelitian ini akan lebih berfokus pada penilaian guru dan siswa mengenai penerapan Kurikulum Merdeka khususnya di SMAN 2 Makassar.

“Kami ingin melihat bagaimana sih persepsi tenaga pendidik dan peserta didik terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMAN 2 Makassar,” tutur dia. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan jenis penelitian kualitatif.

“Kalau jenis observasinya kami masih mendiskusikan dengan mentor namun terkait jenis metodenya kami menggunakan wawancara semi terstruktur,” tambah Rizky.

Meskipun belum mampu menawarkan solusi, namun tim peneliti ini berharap penelitian yang dilakukannya bisa dijadikan rujukan bagi penelitian selanjutnya.

Baca Juga:  BB 75 Kg, Sindikat sabu-sabu Filipina-Malaysia dibekuk di Makassar, 13 kali lolos

“Jika nantinya kami telah mendapatkan informasi terkait judul kami maka harapan kami hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan oleh peneliti lain dalam meneliti solusi dari dampak kurikulum merdeka tersebut,” ujar mahasiswa angkatan 2020.

Rizky dan tim mengharapkan penelitian ini tidak hanya berdampak bagi SMAN 2 Makassar tapi juga bagi sekolah lain yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Harapan kami yaitu semoga dengan adanya penelitian ini, pihak sekolah lain dapat menjadikan penelitian kami sebagai tolok ukur sebelum pengimplementasian kurikulum merdeka,” harapnya. (mg02)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here