Malaysia Terbitkan Surat Edaran Mempermudah Pekerja Asing Dapatkan Paspor

Kota Kinabalu (BERANDATIMUR.COM) –  Pemerintah Negeri Sabah Malaysia telah menerbitkan surat edaran perihal kemudahan bagi pekerja asing tanpa izin (PATI) untuk mendapatkan paspor yang dijamin oleh majikan.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh majikan di negara bagian Malaysia itu yang mempekerjakan warga asing tanpa dokumen.

Pengarah Jabatan Imigrasi Malaysia Negeri Sabah, Datuk Musa bin Sulaiman melalui siaran persnya dari Kota Kinabalu, Senin (1/4) menyatakan, surat edaran diterbitkan untuk mengantisipasi kekurangan pekerja di perladangan dan sektor pertanian di negaranya.

Pada surat edaran itu meminta kepada seluruh majikan yang mempekerjakan PATI agar mendaftarkan pekerjanya untuk dilaporkan kepada konsulat negara asalnya.

Baca Juga:  Puasa Ramadhan Melahirkan Kesungguhan Dalam Pengabdian (Kilas Ke-20 Ramadhan 1440 H) Oleh: Imam Shamsi Ali*

Namun pekerja asing yang diberikan kelonggaran tentunya tetap mematuhi syarat yang ditentukan yakni berada di Negeri Sabah sebelum 1 Januari 2019 dan berkewarganegaraan Indonesia dan Filipina.

“PATI yang diberikan kelonggaran mengurus paspor hanya dari Indonesia dan Filipina. Juga sudah tinggal di Sabah sebelum tanggal 1 Januari 2019,” kata dia.

Datuk Musa menambahkan, pekerja asing yang telah pernah memiliki paspor dari negaranya dapat dijamin oleh majikan.

Sedangkan pekerja asing yang tidak memiliki paspor sama sekali akan dibantu pengurusannya oleh majikan pada konsulat negara masing-masing.

Baca Juga:  Pemilu Australia, petahana Scott Morrison mengaku kalah, kabar baik bagi Indonesia

Masa kelonggaran yang diberikan mulai berlaku 1 April 2019 hingga 30 September 2019.

Datuk Musa mengharapkan, ke depannya tidak ada lagi pekerja asing di negaranya yang tidak memiliki dokumen termasuk istri dan anak-anaknya.

Adapun biaya yang dibebankan kepada pekerja asing untuk mendapatkan paspor dan jaminan Pemerintah Malaysia masing-masing suami RM1.525, istri RM1.070 dan anak RM770. (***)

Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here