Maling Rumput Laut Masih Marak, Pembudidaya Minta Solusi Pihak Terkait

NUNUKAN (berandatimur.com) – Pembudidaya rumput laut di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mengharapkan solusi tepat dari pihak terkait atas kerisauan yang dialami akibat maraknya pencurian di laut.

Kamaruddin, salah seorang pembudidaya rumput laut di Kampung Mamolo Kabupaten Nunukan, Sabtu (19/1) menuturkan, tuntutan pembudidaya selaku pihak yang dirugikan sangat beralasan.

Tetapi lebih penting keamanan dan pengawasan pondasi budidaya sebaiknya dijaga masing-masing. Agar terhindar dari pencurian yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab tersebut.

Ia mengatakan, tidak ada kewenangan pemda maupun aparat hukum untuk menjaga dan mengawasi pondasi budidaya sehingga tidak wajar apabila dibebankan mengawasi pondasi rumput laut.

Baca Juga:  50 Cakada yang Diusung PDIP di Pilkada 2020 Telah Diumumkan, Kaltara dan Nunukan?
Perahu pengangkut rumput laut berjejer di sungai Mamolo Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Nunukan.

Kamaruddin menyatakan,  sebaiknya pembudidaya sendiri yang jaga pondasi apabila mau terhindar dari pencurian.

“Kalau menuntut terus pemda maupun aparat hukum maka tidak mungkin ada solusi sebab bukan kewenangannya dan tidak mungkin bisa dilakukannya,” ucap dia.

Logikanya begini, kata Kamaruddin, apabila ada orang yang memanen rumput laut apakah petugas tahu benarkah bukan pemiliknya atau pelaku pencurian.

Ia menambahkan, antar sesama tetangga pondasi saja tidak saling kenal apalagi orang dari luar.

Jadi solusi tepat agar pencurian rumput laut di laut dibutuhkan kesadaran masing-masing pembudidaya mengawasi miliknya. Bersinergi dengan pemda dan aparat hukum.

Baca Juga:  Zainal-Yansen Programkan Gelar Pekan Budaya Tahunan di Kaltara

Kamaruddin menambahkan, diperlukan perhatian khusus soal maraknya pencurian rumput laut di daerah itu demi kelangsungan berusaha sektor perikanan ini.

Pencurian rumput laut yang sering terjadi selama ini sangat merugikan pembudidaya. Sebab kadangkala mau panen ternyata tali bentangan sudah tidak ada di pondasi miliknya.

Ia kembali menekankan, solusi tepat agar terhindar dari pencurian rumput laut adalah keterlibatan pembudidaya sendiri mengawasi pondasi.

“Untuk memberantas pencuri rumput laut diperlukan kerja sama pemda, aparat hukum dan pembudidaya sendiri,” harap dia

Tujuannya, mungkin ada upaya pemda dan aparat hukum baik saran ataupun petunjuk kepada petani pembudidaya rumput laut terkait kasus pencurian ini. (***)

Baca Juga:  Blusukan ke Desa, Yansen Disambut ‘Maju Tak Gentar’

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here