Manokwari Rusuh, Hotel Tempat Menginap Peserta SMN Sulbar Diserang Hingga Dievakuasi ke Pelabuhan

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Sulbar foto bersama sebelum menuju Manokwari Papua Barat

Mamuju (BERANDATIMUR.COM) – Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulawesi Barat di Papua Barat terpaksa dievakuasi ke pelabuhan akibat Hotel Alexander tempatnya menginap diserang perusuh yang terjadi di Manokwari.

Kerusuhan ini diduga berawal dari  penangkapan mahasiswa asal Bumi Cendrawasih di Surabaya Jawa Timur yang viral di media sosial.

Peserta SMN asal Sulbar sebanyak 20 siswa dan tiga pendamping dievakuasi ke Hotel Alexander ujar Nur Adiena Syaputri Parsulitno , salah seorang peserta SMN Sulbar asal SMAN 3 Polman melalui sambungan telepon selulernya, Selasa, 20 Agustus 2019.

Ia menuturkan, kerusuhan yang terjadi di Kota Manokowari meluas karena para perusuh menyisir sampai ke sudut-sudut kota serta memasuki Hotel Alexander di mana perwakilan dari Sulawesi Barat itu menginap.

Baca Juga:  Polres Nunukan Musnahkan 8,769 Kg Sabu-sabu dan Ribuan Kaleng/Botol Miras. Semuanya Selundupan dari Malaysia

“Kejadian ini sangat mencekam sampai kami dengan teman-teman berhamburan lari dalam dan keluar hotel, ada yang bersembunyi di kamar mandi, lemari pakaian dan ada yang menutup rapat pintu kamarnya” kata Dina panggilan akrab Nur Adiena Syaputri.

Dina melanjutkan, berkat kesigapan aparat kepolisian dan TNI yang disiagakan PT Pelindo selaku penanggungjawab kegiatan SMN ini maka satu-satunya tempat berlindung bagi peserta atas peristiwa ini.

“Dengan sigap para Kepolisian dan TNI yang ada di Hotel Alexander mengevakuasi seluruh rombongan dari Sulawesi Barat menuju ke Pelabuhan Manokowari milik Pelindo. Para rombongan dari Sulawesi Barat, Pelindo sebagai penanggung jawab memberikan ruangan terhadap semua rombongan untuk istirahat di Pelabuhan Manokowari,” imbuh dia.

Baca Juga:  Kronologis Penemuan Puluhan Ton Gula Pasir Malaysia Oleh Prajurit Pamtas

Sementara pihak PT Pelindo sangat menyesalkan kerusuhan tersebut karena kegiatan yang telah dijadwalkan belum sempat terlaksana secara keseluruhan karena terpaksa dihentikan. Langkah penghentian kegiatan demi  menjaga keamanan dan keselamatan para peserta dalam kegiatan tersebut.

Proses evakuasi peserta tersebut, PT Pelindo berkerja sama aparat keamanan ikut mengantar rombongan peserta SMN asal Sulbar menuju Bandara Manokowari untuk diterbangkan menuju Makassar.
Rombongan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Selasa pagi langsung menuju ke Mamuju Sulawesi Barat.

Setibanya di Kabupaten Mamuju, peserta masih diinapkan untuk menyelesaikan semua laporan kegiatan yang diikuti selama di Manokowari.

Baca Juga:  Enam Orang Diamankan di Sulsel Terkait Sabu 9,126 Kg

Selain itu, peserta juga diberikan upaya pemulihan mental atau psikis melalui proses healing dari dokter dan psikiater setempat, atas traoma kerusuhan yang dialami di Manokowari Papua Barat. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here