Mau bisnisnya berkembang dan dilirik investor? Ini tipsnya

Ingin Bisnismu Berkambang dan Dilirik Investor?
FOTO: Ilustrasi

Jakarta (BERANDATIMUR) – Apakah kamu baru saja mulai menjalankan bisnis atau perusahaan dengan modal pribadi? Salah satu opsi jitu untuk mengembangkan perusahaan adalah mencari calon investor.

Namun dalam praktiknya, bukanlah hal yang mudah untuk menarik hati calon investor. Makanya diperlukan tips-tips seperti berikut ini:

A. Merencanakan strategi bisnis yang tepat

Bisnis yang baik biasanya lahir dari strategi yang tepat, supaya dapat membuat yakin para calon investor.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan strategi bisnis:

  1. Produk, pastikan produk yang mau ditawarkan merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi calon konsumen.
  2. Pemasaran, agar produk laku terjual maka strategi pemasaran harus dilakukan dengan kreatif dan mengikuti perkembangan zaman.
  3. Lokasi, pemilihan lokasi yang strategis akan mempengaruhi kemudahan proses distribusi produk perusahaan.
  4. Harga, usahakan agar kualitas produk sebanding dengan harga yang ditawarkan. Jangan lupa pula untuk melakukan riset terhadap produk serupa dari kompetitor.
Baca Juga:  APBD Tak Mencukupi, Kaltara Butuhkan Kehadiran Investor

B. Membuat laporan keuangan yang rapi dan jelas.

Bukan rahasia lagi jika kesehatan finansial dari sebuah perusahaan menjadi salah satu bahan pertimbangan calon investor. Oleh karena itu, agar perusahaanmu memiliki kondisi finansial yang baik, maka kamu harus membuat laporan keuangan yang jelas, akurat dan terperinci.

Ingin Bisnismu Berkembang?
FOTO: Ilustrasi

Beberapa jenis laporan keuangan yang mesti dipersiapkan ialah:

  • Laporan neraca, yaitu laporan yang memaparkan informasi posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.
  • Laporan laba rugi, yaitu laporan yang memuat data hasil operasional selama satu bulan hingga satu tahun. Melalui laporan ini maka dapat diketahui besaran laba dan rugi dari sebuah perusahaan.
  • Laporan ekuitas pemilik, yaitu laporan yang berisi informasi tentang kekayaan atau aset bersih yang diperoleh perusahaan.
  • Laporan arus kas, yaitu laporan yang memperlihatkan aliran dana masuk dan keluar per harinya.
Baca Juga:  Cara Mudah dan Biaya Murah Membuat Kandang Ayam

C. Rajin mengikuti pameran dan lomba bisnis.

Di zaman serba canggih seperti sekarang, mencari informasi mengenai lomba maupun pameran bisnis tentunya menjadi lebih mudah. Caranya, berselancar di internet dan scrolling sosial media.

Semakin sering bisnismu diikutsertakan dalam pameran dan lomba, maka semakin banyak pula pengalaman yang diperoleh. Ini sangat bagus untuk memperbaiki kualitas produk yang ujungnya dapat mendatangkan investor.

D. Mengasah skill berkomunikasi

Last but not least, skill komunikasi juga perlu ditingkatkan guna menunjang proses presentasi ide bisnis di depan calon investor. Sering-seringlah berlatih di depan cermin dan melakukan senam mulut yang tutorialnya dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Baca Juga:  Mahasiswa UNM temukan aplikasi monitoring kebocoran gas LPG

Penyampaian yang ringkas dan tidak berbelit-belit, akan membuat calon investor lebih mudah memahami produk yang ditawarkan dan bisnis yang sedang dijalankan. Tentunya hal ini dapat menjadi poin plus yang penting untuk memikat hati calon investor.

Begitulah empat tips yang perlu kamu persiapkan agar dapat menarik perhatian calon investor sehingga mereka tak ragu-ragu untuk menginvestasikan modalnya ke dalam bisnis atau perusahaanmu. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here