Peresmian POltek Negeri Nunukan
Mendikbud Nadiem Makarim memberikan sambutan secara virtual saat peresmian Poltek Negeri Nunukan, Kamis (28/1)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Keberadaan perguruan tinggi Politeknik Negeri Nunukan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat perbatasan di Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Minimal lulusan SMA atau sederajat yang kurang mampu melanjutkan pendidikan keluar daerah dapat menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah).

Walaupun Politeknik Negeri Nunukan ini berbentuk vokasi atau kejuruan, tetapi lebih baik karena lulusannya dapat diserap oleh lapangan kerja yang membutuhkannya karena memiliki keahlian khusus.

Oleh karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim di Jakarta melalui sambutan virtualnya pada peresmian Poltek Negeri Nunukan, Kamis, 28 Januari 2021 mendorong agar perguruan tinggi vokasi (Politeknik Negeri Nunukan) fokus dalam penciptaan sumber daya manusia (SDM) di yang berkualitas di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa perguruan tinggi vokasi seyogyanya memiliki langkah yang tepat dan lompatan jauh ke depan dalam menyediakan SDM dengan komitmen yang kuat, terang Mendikbud.

Baca Juga:  Horeee...PDAM Nunukan masih sediakan 2.000-an meteran gratis

Nadiem menambahkan Presiden telah menginstruksikan agar pendidikan ke depannya di Indonesia lebih mengutamakan vokasi. Pada 2020, target tersebut telah mampu melampui target sehingga ke depannya akan terus dipacu melalui pendidikan tinggi seperti Poltek Negeri Nunukan yang bisa menciptakan lulusan sesuai kebutuhan daerahnya.

Tak lupa, Mendikbud mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid yang telah menyediakan lahan dan bantuan biaya operasional pada awal pendirian Poltek Negeri Nunukan ini hingga saat ini. “Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid atas bantuan dan kesediaannya memberikan lahan pembangunan gedung Poltek Negeri Nunukan,” katanya.

Baca Juga:  Keluarga Besar Hotel Laura Salurkan BantuanĀ  Pangan Bagi 150 KK di Nunukan

Ia mengajak kepada pengelola Poltek Negeri Nunukan agar benar-benar memperhatikan “link and match” dengan menjalin kerja sama dan kemitraan yang baik guna mencapai pendidikan vokasi yang berkualitas demi terciptanya SDM yang berkualitas.

Politeknik Negeri Nunukan yang berada di wilayah perbatasan RI dengan Malaysia adalah perguruan tinggi vokasi diharapkan dapat melangkah maju dengan sebuah komitmen kuat dalam menciptakan lulusan yang siap pakai.

Nadiem menegaskan perwujudan SDM yang berkualitas bukan hanya tanggung jawab Pemerintah tetapi seluruh rakyat Indonesia secara bersama-sama. “Kita harus optimis untuk mencapai cita-cita ini secara bersama-sama,” ungkap Mendikbud.

Ia menyinggung soal proses pendidikan selama pandemi COVID-19 yang mengalami perubahan drastis yang perlu disikapi dengan tetap berpegang pada sebuah komitmen bersama-sama tersebut yakni mewujudkan vokasional yang berkualitas.

Baca Juga:  Warga Desa di Perbatasan Malaysia Siap Menangkan Paslon Zainal-Yansen

Untuk itu, dia meminta kepada tenaga kependidikan agar tetap memberikan pelayanan pendidikan yang baik selama pandemi COVID-19 ini sehingga anak didik tidak ketinggalan materi pelajaran.

Politeknik Negeri Nunukan awalnya masih menginduk di Poltek Negeri Samarinda, setahun terakhir telah berubah status menjadi perguruanb tinggi negeri. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here