Nikmati Berbagai Jenis Buah-buahan di Kebun Raya Bulo Polman

Polman (BERANDATIMUR.COM) – Ingin menikmati berbagai jenis buah-buahan segar dan lezat ayooo berkunjung di Kebun Raya Bulo Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat.

Selain menikmati kelezatan buah-buahan yang tumbuh di dalammya juga dapat merasakan kesejukan dan keindahan pesona kebun raya ini.

Untuk mempromosikan destinasi wisata ini, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata menggelar festival buah di Kebun Raya Bulo pada Sabtu (6/4).

Festival buah ini dibuka secara resmi oleh Bupati Polman H Andi Ibrahim Masdar turut hadir Ketua DPRD Polman Fariduddin Wahid, Sekdakab Polman A Bebas Manggazali dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta tokoh adat dan masyarakat Kecamatan Bulo.

Baca Juga:  Ribuan Santri Gelar Dzikir Sambut Pergantian Tahun di Polman
Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar membuka festival buah di Kebun Raya Bulo, Sabtu (6/4). Foto: Almadar Fattah

Andi Ibrahim Masdar dalam sambutannya menegaskan, festival tersebut bisa memberikan semangat kepada petani durian dan lansat, sekaligus sebagai arena destinasi wisata kuliner baru bagi masyarakat lokal dan luar Kabupaten Polman.

“Polewali Mandar memiliki aneka ragam buah-buahan lokal tidak hanya durian dan lansat. Namun masih banyak buah lokal yang jika dikembangkan dan dikenalkan kembali pada khalayak akan mendapat tempat tersendiri”, kata AIM singkatan nama Bupati Polman.

Pada kesempatan itu juga dia mengajak petani buah khususnya di Kecamatan Bulo dan Kabupaten Polman pada umumnya agar terus meningkatkan inovasi yang kreatif.

Selain itu AIM mendorong semangat masyarakatnya melakukan penanaman buah-buahan lokal Kabupaten Polman sendiri.

Baca Juga:  Polman Raih Penghargaan APN 2019 Ketegori Silver dari IIPG

Tujuannya tidak lain untuk menjaga keaslian buah yang telah melegenda dikalangan masyarakat secara turun temurun. Ini juga merupakan bagian dari kebiasaan dan kearifan lokal.

AIM mengharapkan, festival buah semacam harus dijadikan agenda tahunan supaya masyarakat Kecamatan Bulo yang berada di sekitar kebun raya dapat membuat lapak demi mengangkat perekonomiannya.

Salah satu pohon durian otong yang tumbuh dalam atea wisata Kebun Raya Bulo Kabupaten Polman. Foto: Almadar Fattah

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polman H Andi Masri Masdar menyatakan, festival buah ini salah satu sarana komunikasi yang penting untuk menumbuhkan dan memelihara rasa persaudaraan dan persatuan antar masyarakat.

“Dengan festival buah ini membuktikan bumi Polman, khususnya Kecamatan Bulo menyimpan banyak kekayaan luar biasa terhadap plasma nutfah, khususnya buah-buahan”, tegas Andi masri Masdar.

Baca Juga:  AIM: Jangan Panik, Ajak Warganya Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona

Kekayaan tersebut harus harus terjaga dan dikembangkan untuk generasi yang akan datang. Itulah salah satu tujuan sehingga diadakannya festival buah ini, kata dia.

Tak lupa Andi Masri Masdar menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Anak Bulo Mandiri, pengelolah Kebun Raya Bulo dan masyarakat atas apresiasi dan partisipasinya terlaksananya acara ini dengan baik. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here