Rakor Pwmbangunan Bandara Baru
Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Nunukan, Robby Nahak Serang didampingi Ketua DPRD Nunukan, Hj Rahma Leppa saat rapat koordinasi lintas sektoral di Lantai I Kantor Bupati Nunukan, Senin (30/9)

Nunukan¬†(BERANDATIMUR.COM)¬†–¬†Menyambut pemindahan pusat pemerintahan di Kalimantan Timur maka Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara terus berbenah dengan mempersiapkan pembangunan bandara perintis di Kecamatan Sebuku.

Bahkan bandara ini diimpikan menjadi bandara terbesar di Kaltara yang berada di daratan besar Pulau Kalimantan.

Wacana pembangunan bandara ini telah dibahas pada tingkat stakeholder di Kabupaten Nunukan sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah setempat menyambut pemindahan pusat pemerintahan Indonesia.

Seperti yang diungkapkan, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Nunukan, Robby Nahak Serang di Nunukan, Senin usai menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait.

Robby optimis rencana pembangunan bandara berskala besar ini mendapatkan dukungan semua pihak dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Baca Juga:  Pemkab Nunukan Libatkan Publik Dalam Penyusunan RKPD 2021

Ia mengatakan, salah satu upaya mendorong peningkatan ekonomi adalah penyediaan sarana transportasi yang memadai. Apalagi di Kabupaten Nunukan yang terdiri pulau-pulau maka sarana transportasi lain yang lebih efektif adalah jalur udara.

Robby juga menyatakan, Kabupaten Nunukan sebagai daerah 3T maka sangat layak membangun bandara di Kecamatan Sebuku yang berada di tengah-tengah jalur menuju Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Tana Tidung dan Kaltim.

Menyinggung soal ketersediaan lahan untuk pembangunan bandara tersebut, dia katakan, telah berkomunikasi dengan salah satu perusahaan pemilik hak guna usaha (HGU) yakni PT Adindo.

Perusahaan ini telah bersedia memberikan lahan untuk persiapan pembangunan bandara perintis.

“PT Adindo selaku pemegang izin HGU sudah bersedia menyerahkan lahannya untuk rencana pembangunan bandara ini,” aku dia.

Baca Juga:  Pemkab Nunukan Wacanakan Bangun Embung di Sei Limau

Ia pun yakin keberadaan bandara di Kecamatan Sebuku akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Nunukqn dan sekitarnya.

Sebab akses menuju daerah lainnya akan semakin mudah dijangkau dengan cepat atas keberadaan bandara ini.

Catatan: Kabupaten Nunukan yang terdiri dari pulau-pulau sangat tepat jika transportasi udara diperbanyak. Sebagai salah satu sarana transportasi yang tepat dan mudah menjangkau antar daerah terpencil.

Selama ini daerah-daerah terpencil hanya dapat dijangkau menggunakan jalur sungai dan laut dengan waktu hingga tiga jam.

Keberadaan bandara perintis sangat tepat untuk mempersingkat waktu jangkauan sekaligus diyakini dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Keinginan Pemkab Nunukan membuat Bandara Perintis di Kecamatan Sebuku dinilai pula menjadi salah satu upaya mempersiapkan diri menyambut rencana pemindahan pusat pemerintahan Indonesia.

Baca Juga:  Waspadai Penyakit DBD!

Sebagai daerah tetangga Kalimantan Timur yang akan menjadi pusat pemerintahan Indonesia kelak. Kabupaten Nunukan telah dipersiapkan sebagai salah satu daerah penyangga ekonomi nasional.

Sementara Kabupaten Nunukan yang belum tersedia sarana transportasi mumpuni yang memadai maka wajar jika Pemkab Nunukan mulai merancang pembangunan bandara perintis tersebut. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here