Palu Sidang DPRD Nunukan, Dipastikan Pindah Tangan

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) РMeskipun nama-nama calon anggota legislatif Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara periode 2019-2024 belum ditetapkan, namun hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dipastikan Partai Hanura meraih kursi terbanyak.

Jumlah angota di DPRD Nunukan Partai Hanura hasil pemilu 2019 untuk periode lima tahun ke depan sebanyak tujuh kursi, masing-masing dapil I tiga kursi, dua kursi dapil II dan dua kursi dapil III.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilu dipimpin Ketua KPU Nunukan, Rahman didampingi komisioner lainnya di Hotel Lenfin pada 2-4 Mei 2019.

Pasca 19 panitia pemilihan kecamatan (PPK) membacakan sertifikat hasil penghitungan suara, Partai Hanura memperoleh 8.082 suara di dapil Nunukan-Nunukan Selatan dengan tiga kursi dari 11 kursi yang diperebutkan.

Baca Juga:  Anak Penjual Amplang Wakili Kaltara OSN di Manado Sulut

Dapil II Pulau Sebatik terdiri lima kecamatan partai ini memperoleh 5.435 suara berhasil mendudukkan dua wakilnya dari enam kursi yang diperebutkan.

Dapil III yang terdiri 12 kecamatan di wilayah III memperoleh 9.762 suara meraih dua kursi dari delapan kursi yang diperebutkan.

Selain Partai Hanura yang sukses menambah perolehan kursinya dari tiga menjadi tujuh. Terdapat dua partai politik yang berhasil menambah perolehan suaranya yakni PKS dari tiga menjadi empat kursi dan Nasdem dari nol menjadi satu kursi.

Sedangkan satu partai politik baru yakni Perindo langsung menempatkan wakilnya satu orang di DPRD Nunukan periode mendatang.

Baca Juga:  Logo HUT Kaltara ke-9 mengusung seekor burung Enggang, begini filosofinya

Masih berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara tersebut, terdapat dua partai politik yang mengalami kemerosotan yakni Partai Demokrat dari enam menjadi lima kursi dan Gerindra dari tiga menjadi satu kursi.

Partai politik lainnya yang mendudukkan wakilnya di DPRD Nunukan adalah PDIP (2), Golkar (2), PPP (1) dan PBB (1).

Melihat komposisi anggota DPRD Nunukan mendatang yang mendapatkan suara signifikan sehingga dipastikan terpilih terdapat 15 orang dari 25 kursi merupakan wajah baru.

Ke-10 caleg wajah lama yang terpilih kembali adalah Hj Rahma Leppa (Partai Hanura), Haji Danni Iskandar (Partai Demokrat), Haji Irwan Sabri (Partai Demokrat), Saleh (Partai Demokrat), Haji Andi Muttamir (PPP), Hj Nursan (Partai Gerindra), Burhanuddin (PKS), Lewi (PDIP), Siti Raudah Arsyad (Partai Golkar) dan Andi Krislina (PKS).

Baca Juga:  Pengurus Partai Hanura Nunukan Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat

Jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Nunukan sebanyak 144.787 orang. Sedangkan menggunakan hak pilih hanya 68 persen lebih. (***)

Editor: M Rusman

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here