Bripda yusran Bhabinkamtibmas Tabulahan Kabupaten Mamasa (kiri) mendapatkan pemghargaan dari Kapolda Sulbar, Brigjen Baharuddin (kanan) sebagai polisi literasi pada HUT RI ke-74, 17 Agustus 2019.

Mamasa (BERANDATIMUR.COM) – Aparat kepolisian di Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat patut diacungi jempol karena berkarya atas kemajuan bangsa dan masyarakat binaannya di Desa Tabulahan sebuah perkampungan terpencil.

Bripda Yusran terinspirasi oleh sebuah kalimat yang menyatakan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Sebagai genaris penerus, wajib menghormati dan mengenang jasa-jasa itu, karena itu bagian dari sprit kita untuk berpikir dan berkarya untuk bangsa ini”.

Berawal dari kalimat ini, Bripda Yursan mencoba melangkah dengan tegak dengan karya inovatifnya yang dirintis pada Februari 2019 dengan terobosan baru membantu dunia pendidikan dengan perpustakaan kelilingnya.

Sebagai seorang bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) atas dedikasinya berhasil meraih penghargaan sebagai pelopor literasi yang pertama di Polda Sulbar.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Baca Juga:  Tampilkan Ikan Tuing-tuing, Polman Sabet Penghargaan Pada APKASI Otonomi Expo 2019

Baharuddin Djafar mengatakan deklarasi kemerdekaan dan mengakui atas perjuangan mulia para pahlawan bangsa yang menetapkan pondasi perjuangan dan kemerdekaan, sebuah kewajiban untuk kita maknai dalam bentuk berkarya terus menerus untuk negeri ini.

“Semoga apa yang diraih hari ini merupakan motivasi bagi bhayangkara untup tetap menjalankan tugas dengan amanah dan jangan lupa terus berkarya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” himbau Kapolda Sulbar.

Usai menerimah itu, Yusran sangat bersyukur dan bangga mendapat apresiasi dari atasan Kapolda Sulbar.

“Penghargaan ini saya dapatkan akan saya persembahkan untuk masyarakat yang ada di wilayah Polsek Tabulahan untuk lebih berbuat demi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa yang ada di Tabulahan,” kata Yusran.

Yusran mengaku penghargaan ini merupakan tantangan bagi saya, untuk terus berjuang membangkitkan minat baca anak-anak dan mengurangi buta aksara bagi masyarakat yang ada di wilayah binaannya.

Baca Juga:  Babinsa Hoelea intens berkomunikasi masyarakat, Pratu Niko: Ini tugas utama

Ide perpustakaan keliling itu berawal saat Yusran melakukan pembinaan anak-anak sekolah di SDN 015 Lingkungan Bakeng Tabulahan. Ia melihat masih banyak anak-anak kurang fasih membaca dan masa  istirahat sekolah hanya dimanfaatkan bermain. Begitu juga dengan orangtua murid masih banyak yang belum mengerti  baca tulis.

Dari situlah muncul gagasan, inivasi dan inspiratif anggota polisi bernama Yusran ini untuk membuka perpustakaan keliling. Namun dia juga tidak ingin membatasi atau melarang anak-anak untuk bermain, tetapi anak-anak dialihkan untuk bermain dengan buku-buku bacaan yang sudah disiapkan.

Bhabinkamtibmas ini membuat perpustakaan keliling dengan menggunakan sepeda motor dinasnya yang telah dimodifikasi dengan kotak di bagian belakang agar bisa membawa ratusan buku bacaan.

Diantaranya buku pelajaran, buku pengetahun umum dan buku cerita untuk anak-anak.

Yusran tidak hanya peduli dengan pengembangan minat baca dan pemberantasan buta aksara di wilayah kerjanya.  Tetapi dirinya juga memberikan bantuan seragam sekolah dan ATK kepada siswa yatim piatu dan kurang mampu di SDN 010 Timoro.

Baca Juga:  Pemusnahan Produk Malaysia. BC Nunukan: Rugikan Negara Rp244 Juta

“Demi pengabdian pada negara, saya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyisihkan gaji dan tenaga saya siapa saja yang membutuhkan bantuan itu,” Yusran kepada BERANDATIMUR.COM.

Tujuan membuat perpustakaan keliling dan membantu anak yatim adalah ingin melihat orang-orang disekelilingnya bisa berbuat untuk dirinya dan keluarganya. Apa yang dilakukannya semata-mata ingin membagi kebahagian kepada orang lain,” jelas dia. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here