MAKASSAR (berandatimur.com) – Pelanggan mengeluh akibat akses google mengalami gangguan sehingga pelayanan gmail tumbang pada sejumlah negara pada Rabu (13/3) pagi tadi.

Berbagai situs yang melacak masalah pada Gmail menunjukkan lonjakan laporan masalah dengan layanan email sejak pukul 13.00 AEDT (09.00 WIB).

Pada peta live outage, terlihat para pengguna di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang dan sebagian di Malaysia dan Indonesia terkena dampak dari ganguan layanan gmail tersebut.

Peta autoget pelayanan gmail di dunia

Pengguna yang terkena dampak tidak dapat mengirim e-mail dan mendapati pesan kesalahan yang mengatakan “Pesan tidak dapat dikirim, periksa jaringan Anda dan coba lagi.”

Baca Juga:  Kementerian Kominfo ancam blokir WhatsApp dan Google

Selain itu, pengguna lain mengalami masalah dalam membuka lampiran email.

Beberapa jam setelah masalah pertama kali dilaporkan, Google mengonfirmasi bahwa pelanggan akan mengalami masalah dalam mengakses atau melampirkan file di berbagai produk layanan , termasuk melampirkan atau mengakses lampiran e-mail, serta mengakses dan menyimpan draft e-mail.

Google belum mengonfirmasi penyebab gangguan atau berapa lama gangguan tersebut akan diatasi.

Dalam pernyataan di situs layanan mereka, Google mengatakan sedang menyelidiki laporan masalah dengan Gmail dan akan segera memberikan informasi lebih lanjut.

Salah seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Sulawesi Selatan bernama Aiman di Warkop Siana di Jalan Skarda N 1 Kota Makassar, Rabu (13/3) siang membenarkan mengalami kendala pada saat itu.

Baca Juga:  Mahasiswa UNM temukan aplikasi monitoring kebocoran gas LPG

Ia mengaku tidak dapat mengirim tugas kuliah pada saat itu.

” Pantas tidak bisa terkirim kerna ternyata ada gangguan. Mudah-mudah bisa cepat teratasi,” ujar Aiman. (*)

Penulis: Atim
Editor : M Rusman
Sumber : the guardian.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here