Pemerintah Pusat Kirim 1.200 Guru dan Tenaga Pendidik Keluar Negeri, Harcuncung Asal Sebatik Wakili Kaltara

NUNUKAN (berandatimur.com) РPemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirim 1.200 guru dan tenaga pendidikan melakukan pendidikan dan latihan keluar negeri. Salah seorang guru asal Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan atas nama Harcuncung mewakili Provinsi Kalimantan Utara.

Pengiriman guru dan tenaga pendidikan keluar negeri ini merupakan  program pemerintah pusat tahun 2019 dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Ribuan guru dan tenaga pendidik ini akan menjalani pelatihan peningkatan kompetensi di Korea, Jepang, Jerman, Prancis, Singapura, Tiongkok, dan Hongkong, Australia, Islandia Baru dan India.

Baca Juga:  9 Mahasiswa Nunukan Dikarantina di Natuna, Bagaimana Kondisi Mahasiswa Lainnya yang Belum Pulang?

Selain guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, Widyaswara, tutor, instruktur dan pendidik paud yang berasal dari seluruh Indonesia mengikuti pelatihan tersebut.

Beberapa guru dan tenaga pendidik yang akan dikirim diklat keluar negeri oleh Pemerintah Pusat foto usai pelepasan oleh Menteri Dikbud, Muhajir Effendy

Informasi yang dihimpun, pendaftar sebanyak 4 juta lebih dari seluruh Indonesia yang mengikuti seleksi program tersebut.

Salah seorang guru di Pulau Sebatik bernama Harcuncung alias Cuncung menjadi salah satu peserta yang terpilih.

“Saya sangat bangga akan membawa nama Kabupaten Nunukan Go to Internasional untuk menimba ilmu selama di luar negeri,” ujar Cuncung.

Ia mengaku bahwa untuk mendapat kesempatan ini bukanlah hal mudah dan melalui proses yang panjang.

Baca Juga:  Pemerintah Buka Lowongan 1 Juta Guru PPPK Pada 2021

Insan berprestasi ini terpilih berkat penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI atas prestasinya dalam lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional.

Dirinya terpilih Juara 1 dalam Kategori Instruktur Tata Rias Pengantin di Pontianak tahun 2018.

Pendidikan di wilayah perbatasan khususnya Kabupaten Nunukan sudah tak terbatas, terbukti dengan mengantarkan salah satu penggiat pendidikannya Go Internasional. (***)

Editor : M Rusman
Sumber : Pemkab Nunukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here