Pertemuan Sekretaris Perdagangan Kabupaten Nunukan dengan Balai Karantina Wilker Nunukan, Rabu (29/5).

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melalui Dinas Perdagangan melakukan koordinasi dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Tarakan Wilayah Kerja Nunukan pada Rabu, 29 Mei 2019.

Koordinasi tersebut berkaitan upaya membangun komitmen terhadap kualitas komoditas rumput laut maupun hasil perikanan lainnya di Kabupaten Nunukan.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan, Harman menyampaikan pengawasan perlu dipastikan untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan (trust) pembeli (buyers) terhadap komoditas sektor perikanan di daerahnya.

Ia juga berpandangan, perlu ada jaminan keamanan dan kualitas agar mudah diterima di pasar nasional maupun internasional serta memiliki harga yang layak.

Baca Juga:  Hadiri dialog kerukunan umat beragama, ini pesan Wabup Nunukan

Tujuannya tidak terlepas dari upaya Pemkab Nunukan meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan serta pelaku usaha di bidang perikanan semakin baik.

Harman didampingi Kabid Perdagangan Luar Negeri mengatakan, koordinasi ini dilakukan agar ditemukan sebuah formula kerja sama yang baik dalam menjaga kualitas hasil-hasil perikanan di Kabupaten  Nunukan yang berbatasan dengan Malaysia ini.

Tentunya, diharapkan kualitas berkualifikasi ekspor maupun yang akan dikirim ke wilayah lain di dalam negeri.

“Kita juga mendalami syarat dan ketentuan bidang karantina yang harus dipenuhi oleh pengusaha di bidang perikanan. Informasi tersebut akan menjadi bahan sosialisasi kepada para pelaku atau para calon pelaku usaha, khususnya ekspor-impor,” ungkap Harman.

Baca Juga:  Pendaftaran PPPK ditunda, Nunukan siapkan 475 kuota. Ini syaratnya

Menurut dia, adanya pengetahuan dan persiapan yang lebih baik maka pelaku usaha khususnya eksportir, akan mengalami percepatan dalam mengurus dokumen, sarana dan  prasarana yang perlu disiapkan terlebih dahulu. (***)

Editor: M Rusman
Sumber: Humas Pemkab Nunukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here