Pendaftar peserta didik membludak, SMPN 2 Tarakan kehabisan formulir

PPDB Tabhun Ajaran 2021-2022
Suasana pendaftaran peserta didik baru di SMPN 2 Tarakan, Senin (21/6)

Tarakan (BERANDATIMUR)Penerimaan peserta didik baru (PPDB) dibuka pada 21-26 Juni 2021. Begitu dibuka, SMP N 2 Kota Tarakan kewalahan karena pendaftar membludak hingga kehabisan formulir.

Demikian disampaikan Nur Khasanah Ketua Pelaksana PPDB SMP 2 Negeri Tarakan pada Senin, 21 Juni 2021.

“Kami tadi sempat kehabisan formulir, Jumlah pendaftar tadi mendekati 500 yang kami stempel, dan kami sudah menambah formulir sekitar 100 formulir pendaftaran,” sebut dia.

Untuk tahun ajaran baru ini, SMP N 2 Tarakan akan menerima 320 peserta didik baru yang diakomodir dari jalur zonasi sebanyak 50 persen, afirmasi 25 persen, perpindahan tugas orangtua 5 persen dan prestasi 20 persen.

Baca Juga:  Cagub Zainal A Paliwang Diundang IKAMI Sulsel Cabang Tarakan

Ke-320 peserta didik ini diperuntukkan 10 kelas baru. Namun ada tiga orang yang tinggal kelas sehingga dikurangi menjadi 317 orang saja pada PPDB ini.

“Untuk yang diterima dari empat jalur ini, zonasi 50 persen, afrimasi 25 persen, perpindahan tugas orang tua lima persen dan yang prestasi itu 20 persen. Keseluruhan untuk siswa yang diterima itu sekitar 320 siswa, namun kemarin rapat kenaikan kelas ada yang tidak naik kelas, jadi potong tiga, jadi keseluruhan itu 317 siswa,” tambah dia.

Selanjutnya, Nur menjabarkan kuota atau daya tampung SMPN 2 Tarakan sebanyak 317 siswa dibagi menjadi 10 kelas.

Baca Juga:  KPP Pratama Tarakan akan buka pos layanan keliling pajak di Nunukan dan Tana Tidung

“Dari 317 itu untuk sepuluh kelas, dan satu rombongan belajar itu sekitar 32 siswa, dan untuk hari ini hanya jalur Zonasi, Afirmasi, dan Perpindahan tugas orang tua, dan untuk jalur prestasi nanti hari rabu dan kamis”

Ia juga berharap dalam pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar hingga selesai, walaupun sempat terkendala dalam hal teknis.

“Tadi kita sempat terkendala disistem operator, karena memang ini kan bersamaan dengan SD, banyak yang mendaftar, untuk SD saja ada 52 sekolah, dan SMP ada 14 sekolah negeri. Tapi sekarang sudah aman, terkendala hanya pagi saja tadi,” ungkap dia.

Baca Juga:  Mendukung Zainal, Pendeta Berpesan Jaga Keharmonisan Dengan Wakilnya

“Dan kami juga berharap mudah mudahan semua lancar dan tidak ada kendala hingga selesai,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi penyelenggara PPDB, bisa melalu situs resmi PPDB Kota Tarakan, http://ppdb.tarakankota.go.id.

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here