Penghitungan Perolehan Suara Pilpres/Pileg di Kota Kinabalu Masih berlangsung

Kota Kinabalu (BERANDATIMUR.COM) – Proses penghitungan perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif DPR RI di Kota Kinabalu Negeri Sabah Malaysia masih berlangsung.

Penghitungan digelar di halaman Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu sejak Rabu (17/4) pukul 13.00 wita hingga saat ini.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota Kinabalu, Cahyono Rustam, Kamis membenarkan penghitungan masih berlangsung dari 433 kotak suara keliling (KSK) ditambah 26 tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengungkapkan, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) luar negeri pada 26 TPS dan sejumlah KSK telah rampung penghitungannya.

Baca Juga:  Di akhir masa jabatan sebagai Konjen RI Kota Kinabalu, Krisnha Djelani dianugrahi Bintang Kebesaran TYT Negeri Sabah

Saat ini, kata dia, sedang berlangsung penghitungan perolehan suara pada ratusan KSK di distrik Sandakan dan Kinabatangan.

Sedangkan KSK yang telah merampungkan penghitungan perolehan suara capres cawapres serta pileg adalah Keningau, Nabawan dan Tenom.

Penghitungan suara pemilu di wilayah kerja KJRI Kota Kinabalu diperkirakan sampai Jumat (19/4). Sehubungan dengan jumlah KSK lebih besar dibandingkan tiga distrik yang telah rampung.

Jumlah pemilih untuk wilker KJRI Kota Kinabalu sebanyak 140.878 orang. Namun yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 87.227 orang.

Hanya saja, jumlah WNI yang menggunakan hak suaranya pada KSK yang berlangsung 8-10 April 2019 dan pemungutan suara di TPS pada 17 April 2019 sebagian diantaranya pemilih khusus atau tidak terdaftar dalam DPT.

Baca Juga:  Polis Marin Malaysia Tangkap 4 WNA Tanpa Dokumen di Perairan Lahad Datu

Pemilih khusus tersebut menyalurkan hak suara pada pemilu 2019 ini dengan menggunakan paspor atau identitas lainnya.

Laporan reporter BERANDATIMUR.COM dari KJRI Kota Kinabalu, penghitungan perolehan suara berlangsung aman dan lancar. (*)

Reporter: Bungaria
Editor : M Rusman

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here