Penghuni Lapas Bolangi Pemilik Sabu 2,157 Kg

Nunukan (berandatimur.com) – Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Bolangi Kabupaten Gowa, Sulsel bernama Guntur rupanya pemilik sabu-sabu seberat 2,157 kilo gram yang diamankan Polres Nunukan, Kaltara pada Rabu (1/8).

Pemilik sabu-sabu yang diselundupkan dari Malaysia ini diketahui dari hasil pemeriksaan terhadap lima orang yang diamankan di Kabupaten Nunukan, Rabu (1/8).

Tiga orang dari lima orang diamankan berstatus mahasiswa semester 14 yakni Husni, Syawal dan Darmawan.

Kapolres Nunukan, AKBP Jepri Yuniardi melalui Kasat Resnarkoba, AKP Nurhasan di Nunukan, Sabtu (4/8) membenarkan, sabu-sabu seberat 2,157 kilo gram tersebut dipesan oleh seorang warga binaan Lapas Narkotika Bolangi, Sulsel atas nama Guntur.

Baca Juga:  Tekong Bersama Dua Calon TKI Ilegal Ditangkap di Nunukan

Sedangkan barang bukti sabu-sabu ini diambil dari pria bernama Aco di Tawau Negeri Sabah, Malaysia oleh Husni dibawa ke Sei Nyamuk Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan.

Sebelum dibawa ke rumah Asbudi di Jalan Porsas Kelurahan Nunukan Timur, dua teman Husni yakni Syawal dan Darmawan telah menunggu.

Selanjutnya, 21 bungkus sabu-sabu ukuran besar tersebut dibagi tiga masing-masing membawa tujuh bungkus.

Saat tiba di rumah Asbudi, ke-21 bungkus itu diserahkan kepada Nurheni (istri Asbudi) lalu disembunyikan dalam jok motor.

 

Nurhasan menambahkan, pengungkapan upaya penyelundupan sabu yang kesekian kalinya dari negeri jiran Malaysia ini tidak terlepas dari informasi masyarakat.

Baca Juga:  STAIN Majene Ikut Rakor PTKIN Se Indonesia di Surabaya

Mengenai keterlibatan Guntur, saat ini mendekam di Lapas Narkotika Bolangi, Sulsel diketahui setelah pemeriksaan para oknum yang diamankan.Yaitu tiga mahasiswa selaku kurir yang diupah Rp10 juta ditambah suami istri, Asbudi dan Nurheni.

Selanjutnya sabu-sabu ini akan dibawa ke Makassar melalui Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulsel menggunakan kapal KM Thalia di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan yang akan berangkat malam itu sewaktu penangkapan.

Menindaklanjuti kasus ini, Nurhasan menyatakan, penyidik Satresnarkoba Polres Nunukan segera dikirim ke Lapas Bolangi untuk memeriksa Guntur selaku pemesan barang haram tersebut. (Anto)

Baca Juga:  Kades Lewolaga Bantah Pukul Wartawan, Begini Tanggapan LBH Komnas PHD HAM NTT

 

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here