Konfrensi pers KPU Nunukan usai rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 di Hotel Lenfin Nunukan, Sabtu (4/5) malam.

Nunukan (BERANDATIMUR.COM)- Pengurus Partai Hanura Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat pada tiga daerah pemilihan atas kepercayaan yang diberikan pada pemilu serentak 2019.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nunukan, Hj Rahma Leppa melalui pengurusnya,
Heri pada Sabtu (5/5) menyatakan, kepercayaan yang diberikan masyarakat sangat besar kepada partainya.

“Sebagai partai pemenang di Kabupaten Nunukan saya selaku pengurus DPC Partai Hanura mengucapkan terimah kasih atas kepercayaan masyarakat yg telah memberikan dukungan suaranya kepada caleg kami,” ujar Heri.

Kepercayaan masyarakat ini juga tdk terlepas dari bukti nyata yg telah diberikan oleh kader terbaiknya yakni Hj Asmin Laura Hafid selaku Bupati Nunukan melalui progran pemerintahan selama empat tahun terakhir.

Meskipun kondisi anggaran di daerah itu selalu defisit namun melakukan pembangunan di segala sektor dengan kerja kerasnya.

Kepercayaan yang diberikan masyarakat sehingga Partai Hanura Kabupaten Nunukan berjaya meraih tujuh kursi di DPRD setempat meskipun tak lolos DPR RI pada pemilu 2019 ini.

Baca Juga:  Koalisi PDIP-Hanura Tantang Irianto Lambrie di Pilgub Kaltara

Pada pemilu 2014 lalu, Partai Hanura cuma memiliki tiga kursi namun 2019 ini naik 130 persen.

Hal ini diketahui pasca rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan yang berlangsung 2-4 Mei 2019 di Hotel Lenfin News.

Hasilnya, Partai Hanura mendudukkan wakilnya di DPRD Nunukan periode 2019-2024 masing-masing tiga kursi di daerah pemilihan Nunukan-Nunukan Selatan dengan 8.082 suara, dua kursi di dapil Pulau Sebatik dengan 5.435 suara dan dua kursi di wilayah III sebanyak 9.762 suara.

DPRD Nunukan memiliki 25 kursi dengan jumlah pemilih 144.787 orang.

Keberhasilan partai yang dirikan Jenderal Purn Wiranto yang kini menjabat Menteri Polhukam ini maka jabatan ketua DPRD Nunukan lima tahun ke depan dalam gengamannya.

Baca Juga:  KPU Nunukan Perkirakan Belasan Ribu Pemilih Pemula di Pilkada 2020

Sebab jabatan Ketua DPRD Nunukan periode 2014-2019 dipegang Partai Demokrat dengan enam kursi. Hanya saja pada pemilu kali ini partai besutan SBY tersebut perolehan suaranya turun menjadi lima kursi.

Kelima kursi bagi Partai Demokrat masing-masing tiga kursi di dapil Nunukan-Nunukan Selatan, satu kursi dapil Pulau Sebatik dan satu kursi dapil wilayah III.

Partai dengan perolehan kursi terbanyak ketiga adalah PKS dengan empat kursi. Masing-masing dua kursi di dapil Nunukan-Nunukan Selatan, satu kursi dapil Pulau Sebatik dan satu kursi dapil wilayah III.

Selanjutnya partai politik lainnya yang mendudukkan wakilnya di DPRD Nunukan adalah PDIP (2), Golkar (2), Gerindra (1), Nasdem (1), Perindo (1), PPP (1) dan PBB (1).

Ketua KPU Nunukan, Rahman menyatakan, setelah rekapitulasi perolehan suara masing-masing peserta pemilu 2019 dari 19 kecamatan melalui rapat pleno terbuka maka nama-nama caleg yang terpilih telah diketahui.

Baca Juga:  Rapat Pleno KPU Nunukan Tetapkan Satu Nomor Urut Cabup-Cawabup

“Biar belum diumumkan atau belum ditetapkan nama caleg terpilih secara resmi. Tapi nama-nama caleg terpilih sudah diketahui setelah rekapitulasi suara ini,” ujar dia usai rapat pleno, Sabtu malam.

Ketujuh caleg Partai Hanura yang diprediksi duduk jadi anggota DPRD Nunukan periode 2019-2024 adalah dapil 1 yakni Hj Rahma Leppa, Ahmad Triadi dan Jainuddin. Dapil Pulau Sebatik yaitu Hj Nikmah dan Hamsing SPI, dapil wilayah III adalah Kanain Kornalius dan Tri Wahyuni. (***)

Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here