Para penulis foto bersama pada kegiatan MIWF di Benteng Rotterdam Makassar, Jumat (28/6). Foto: Atim
Makassar (BERANDATIMUR.COM) – Penulis Kota Makassar Sulawesi Selatan menggelar Makassar Internasional Writing Festival (MIWF) dengan tema “People” berlangsung di Benteng Rotterdam pada 26-29 Juni 2019.
Festival kesembilan kalinya ini melibatkan sejumlah penulis buku, novel, puisi dari berbagai komunitas dan lembaga dari dalam dan luar negeri.
MIWF berkomitmen menjaga lingkungan dengan mengusung “zero waste festival” sebuah kampanye melarang plastik sekali pakai.
” Kami telah membentuk tim zero waste yang akan bertugas selama festival. Seluruh sampah yang dihasilkan selama festival akan dipilah, dijadikan kompos, dan didaur ulang agar tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA) Antang,” ujar Lily Yulianti Farid selaku Directur MIWF pada Jumat 28 Juni 2019.
Ia menjelaskan, MIWF tahun sebelumnya mencatat 24.000 pengunjung maka bisa dibayangkan sampah yang dihasilkan apabila semua membeli kemasan.
MIWF 2019 ini memperkirakan 25.000 pengunjung yang akan hadir. “Ini isu yang serius, yang mungkin kita coba atasi dengan langkah sederhana. Mulai dari diri sendiri,” ungakp Lily.
Pada festival tersebut tercatat 119 relawan yang berpartisiapasi dalam melaksanakan MIWF 2019. Tim relawan dan tim kerja diwajibkan membawa botol air minum isi ulang.
Dari informasi yang dihimpun, dalam MIWF kali ini sebanyak 68 penulis dan pembicara yang ikut berbagi pengalaman dan karya-karyanya.
Diantaranya Agustinus Wibowo, Intan Paramadhita, Fira Basuki , Reda Gaudiamo, Prod Sangkot Marzuki, Yandy Laurens, dan Haidir Bagir yang berbagi tentang perjalanan melintasi batas-batas bangsa, lembaga dan disiplin ilmu.
Sedangkan penulis dari mancanegera ada tiga penyair dari Inggris yaitu Roseanne Watt, Rufus Musafa, dan William Letford. (*)

Reporter: Atim
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here