Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid (tengah membelakang kamera) saat acara rapat penyusunan RKPD 2020 di Kantor Bupati Nunukan, Selasa (19/3). Foto : Diskominfotik Nunukan

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Bupati Nunukan Kalimantan Utara, Asmin Laura Hafid membuka acara musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2020.

Penyusunan RKPD 2020 bertema “Peningkatan SDM Untuk Mewujudkan Agrobisnis yang Berdaya Saing” dilaksanakan di ruang serbaguna Lantai V Kantor Bupati Nunukan, Selasa (19/3).

Forum perangkat daerah bertujuan menyelaraskan program atau kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan usulan program/kegiatan dari hasil musrenbang tingkat kecamatan maupun pokok pokok pikiran hasil reses anggota DPRD Nunukan.

Musrenbang tingkat kecamatan yang digelar pada Pebruari 2019 dihasilkan  1.586 usulan kegiatan yang di jabarkan sebagai berikut:
* usulan kegiatan pembangunan di bidang infrastruktur wilayah I sebanyak 90 kegiatan,  II (220) dan III (381).
* usulan kegiatan pembangunan di bidang sosial budaya dan pemerintahan, wilayah I sebanyak 26 kegiatan, II (180), III (290).
* usulan kegiatan pembangunan bidang ekonomi, wilayah I sebanyak 26 kegiatan, II (176) dan III (399).

Baca Juga:  Kuota JCH Nunukan 2019 Sebanyak 115 Orang

Pada penyusunan RKPD tersebut, Bupati Nunukan menjelaskan strategi dalam penyusunan APBD Tahun 2020  yang perlu di perhatikan yaitu,
1. Menerapkan prinsip efesiensi, transparansi, akuntabilitas dan partisipasi.
2. Keterpaduan dan sinkronisasi antar kegiatan.
3. Penyesuaian dengan tugas pokok dan fungsi perangkat Daerah dan urusan yang menjadi kewenangan Daerah.
4. Mentaati jadwal sesuai dengan tahapan penyusunan APBD.

“Sebagaimana kita pahami bersama bahwa RKPD menjadi dasar penyusunan APBD. Oleh karena itu, agar tercipta konsistensi dan sinkronisasi dokumen rencana dan penganggaran,” ungkap dia.

Laura juga mengingatkan bahwa dalam waktu dekat kita akan ada pelaksanaan agenda nasional tepatnya 17 April 2019 yang merupakan momentum demokrasi.

Baca Juga:  Inflasi Kaltara Triwulan I 2019 Berkisar 3,70 Persen

“Saya mengajak kita semua untuk mensukseskan dan ikut berpartisipasi dengan menyalurkan hak pilih masing-masing sesuai dengan keinginan hatinya,” ajak Laura.

Sebelum menutup sambutannya, Laura meminta agar semuanya dapat bekerja sama dengan baik melibatkan seluruh kelompok dan lapisan masyarakat.

Menurut dia, semua yang akan dilakukan demi kepentingan masyarakat sehingga dapat terwujud Kabupaten Nunukan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis agribisnis menuju masyarakat yang maju, aman,adil, dan sejahtera. (***)

Editor : M Rusman
Sumber : Diskominfotik Nunukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here