Periode Kedua AIM-Natsir Janji Fokus Turunkan Angka Kemiskinan Kabupaten Polman

POLMAN (berandatimur.com) – Periode kedua Andi Ibrahim Masdar (AIM) dan HM  Natsir Rahmat resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat periode 2019-2024 oleh Gubernur Sulawesi Barat, Andi Ali Baal Masdar.

Pelantikan berlangsung di Aula Lantai IV Kantor Gubernur Sulbar, Jalan Abdul Malik Pettana Endeng Kelurahan Rangas Simboro Kabupaten Mamuju pada Selasa (8/1).

Pasangan AIM-Natsir terpilih kembali pada pilkada serentak tahun 2018 mengalahkan rivalnya Salim S Mengga-Marwan.

AIM-Natsir berjanji akan fokus pada program prioritas untuk menurunkan angka kemiskinan di daerahnya yang tergolong cukup tinggi dengan persentase masih dua digit.

Gubernur Sulbar, Andi Ali Baal Masdar melantik Bupati dan Wakil Bupati Polman terpilih, Andi Ibrahim Masdar-HM Natsir Rahmat di Kantor Gubernur Sulbar, Selasa (8/1)

Program ini dinilai pasangan AIM-natsir langsung dirasakan masyarakatnya. “Kalau yang masih kurang itu terealisasi selama kepemimpinan periode pertama adalah kemiskinan”, ungkap AIM.

Baca Juga:  Bupati Polman Monitor Pelaksanaan UNBK

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Polewali Mandar, saat pertama menjabat periode pertama 2014-2019 jumlah penduduk daerah itu sebanyak 417.472 jiwa.

Dari jumlah tersebut angka kemiskinan sebesar 75.680 jiwa atau 17,79 persen.

Selama tiga tahun kepemimpinannya yakni tahun 2017 angka kemiskinan Kabupaten Polman sebanyak 69.250 jiwa meskipun jumlah penduduk meningkat menjadi 432.692 jiwa.

Usai dilantik, AIM berjanji akan menurunkan angka kemiskinan di daerahnya pada periode kedua tersebut hingga satu digit yakni 6 persen.

“Kalau bisa mencapai lima atau enam persen, itu target saya,” ujar dia.

Untuk mewujudkan target itu, AIM akan mengurangi alokasi untuk pembangunan infrastruktur karena sudah hampir maksimal. Anggaran akan difokuskan pada program pengentasan kemiskinan.

Baca Juga:  Penyusunan RKPD 2020, Laura: Perkuat Kerja Sama Kelompok Masyarakat

Kedepannya, Bupati dan Wakil Bupati Polman, AIM-Natsir akan mengembangkan ekonomi yang berbasis kerakyatan selama lima tahun ke depan.

Tidak lepas dari salah satu visi dan misi Polewali Mandar yakni bidang pemberdayaan SDM yaitu membantu masyarakat agar bisa menjadi mandiri.

Mengingat potensi sumber daya alam Kabupaten Polman yang perlu dikelola maksimal agar bisa memberi efek domino pada pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulbar H Andi Ali Baal Masdar mengajak Bupati dan Wakil Bupati Polman serta seluruh masyarakatnya untuk mewujudkan daerahnya bebas dari korupsi dan KKN.

Beliau melanjutkan, suatu prestasi dan pembelajaran yg sangat berharga bagi pemerintah daerah terkhusus Pemkab Polman atas terpilihnya kembali AIM-Natsir untuk periode kedua.

Baca Juga:  Pemkab Nunukan Libatkan Publik Dalam Penyusunan RKPD 2021

Segala perbedaan yang ada waktu pilkada berlangsung merupakan sebuah catatan dalam sejarah pemilu dan pilkada serentak.

“Jadikanlah perbedaan ini sebagai rahmat untuk membangun Polewali Mandar menuju masyarakat sejahtera dan malaqbi,” harap Ali Baal Masdar yang juga kakak kandung AIM. (*)

Penulis: Almadar Fattah

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here