Nunukan (berandatimur.com) –  Legislator mengungkapkan Perusda Nusa Serambi Kabupaten Nunukan, Kaltara belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana sebesar Rp2 miliar yang dialokasikan pada APBD.

Tanpa menyebut tahun annggaran pengelontoran dana itu, Ketua DPRD Nunukan, Haji Danni Iskandar, Selasa (21/8) menegaskan tidak akan memyetujui apabila Pemkab Nunukan mengusulkan anggaran untuk perusda setempat.

Ia meminta kepada pengurus Perusda Nusa Serambi Kabupaten Nunukan agar punya niat baik untuk menyerahkan LPJ terkait penggunaan dana Rp2 miliar itu.

Supaya dapat mengajukan alokasi anggaran kembali dalam rangka kelancaran program kerjanya khususnya dalam membantu masyarakat mengelola hasil-hasil produksinya.

Baca Juga:  Polemik Pembangunan Puskesmas Lapri di Sebatik Utara Akhirnya Klir! Intinya, Perlu Koordinasi

Selama ini perusda vakum dan hampir tidak ada “action” terhadap kelangsungan perekonomian masyarakat dengan alasan tidak memiliki anggaran operasional.

Sementara, kata Danni Iskandar, perusda seharusnya menunjukkan perannya dengan menangani produksi masyarakat seperti rumput laut dan hasil perkebunan dan pertanian.

Menurut dia, jika perusda benar-benar berkontribusi maka produksi rumput laut dapat ditangani dengan baik utamanya persoalan stabilitas harga.

Menyinggung kembali soal anggaran Rp2 miliar yang pernah digelontorkan kepada perusda Nunukan, legislator Partai Demokrat ini menegaskan kembali tidak akan menyetujui anggaran bagi perusda apabila belum menyerahkan LPJ dana Rp2 miliar yang digelontorkan sebelumnya.

Baca Juga:  Rendahnya Harga Komoditas Hortikultura Pemicu Kaltara Alami Deflasi Pada Mei 2020

Padahaln dia optimis apabila perusda menunjukkan perannya dengan baik dan tepat sasaran dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Nunukan dengan cepat dan efisien.

“Bagaimana mau dikasih lagi anggaran. Anggaran yang dikasih sebelumnya dari APBD Nunukan belum ada pertanggungjawabannya,” beber Haji Danni Iskandar.

“Keberadaan perusda untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sangat penting peran dan kontribusinya,” imbuh Ketua DPRD Nunukan ini.

Ia mengakui, setiap lembaga tidak akan berjalan baik apabila tidak disokong anggaran yang memadai. Hanya saja, permasalahan perusda Nunukan ini pada pertanggungjawaban belum ada dari anggaran yang pernah diberikan sebelumnya.

Baca Juga:  Pembahasan RAPBDP 2020 Diharapkan Kelar Pekan Ini, Hj Leppa: Kita Kebut

Bahkan dia, sepakat dan mendorong supaya perusda disuntik dana sebagai solusi permasalahan petani rumput laut. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here