Stand pelaku UMKM yang berjualan di area PIFAF Expo 2019 Kabulaten Polman.

Polewali Mandar (BERANDATIMUR.COM) – Penyelenggaraan PIFAF dan Expo 2019 yang berlangsung sepekan ternyata membawa berkah bagi para pelaku UMKM di Polewali Mandar Sulawesi Barat.

Omzet penjualan mengalami peningkatan cukup signifikan berkat even yang diikuti enam negara sahabat tersebut.

Andi Masri Masdar selaku Plt Kadis POP Polewali Mandar di Polewali mengatakan Polewali Manndar International folk and Art Festival (PIFAF) ini selain ajang promosi daerah pada tingkat nasional dan internasional.

Selain itu merupakan bentuk perhatian Pemkab Polman khususnya dalam memicu para pemuda untuk mengangkat, mencintai dan melestarikan seni budaya lokal serta membuka peluang bisnis untuk masyarakat kalangan pelaku UMKM.

Seperti yang dialami Nurjannah salah satu penjual kuliner bakso bakar dan minuman  pop ice yang berpangkalan di samping Stadion S. Mengga Sport Center Polewali Mandar.

Nurjannah yang berasal dari Kecamatan Campalagian ini menuturkan, belum genap tujuh malam dibukanya PIFAF dirinya mampu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Baca Juga:  Investor Asing Siap Kerja Sama Ekspor Hasil Laut Polman ke Amerika

Setiap malam wanita muda ini mampu menjual bakso bakar dan pop ice sebagai menu andalannya sekitar 700 tusuk dan ribuan saset pop ice berbagai macam cita rasa.

Seperti diketahui event yang bertajuk expo itu sudah berlangsung empat kali di Polewali Mandar yang dipusatkan di Kompleks yang mega Sport Center Polewali Mandar.

Polman adalah daerah sangat strategis yang banyak dikunjungi oleh orang untuk melihat berbagai pegelaran seni budaya lokal dan luar negeri, pameran, ataupun sekedar datang bersantai.

Bahkan pengunjungnya ada dari luar Sulawesi Barat, seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Martapura Kalsel.

Ivan dari Martapura penjual aksesoris berupa gelang dan cincin modern mengaku dua hari sebelum event ini dibuka sudah berada di Polewali Mandar.

“PIFAF ini salah satu event yang bertajuk expo yang sangat ramai pengunjungnya dibanding dengan expo-expo yang pernah saya kunjungi di Indonesia. Setiap malam omzet dari penjualan aksesoris jutaan rupiah saya dapat kumpulkan,” kata Ivan.

Baca Juga:  PIFAF Polman Dihadiri Enam Negara Sahabat

Sedangkan H Sute (Raja Murah) penjual keperluan  alat rumah tangga mengaku omzet yang diperoleh setiap malam hingga mencapai puluhan juta rupiah.

“Saya berterima kasih kepada Pemkab Polewali Mandar dan Panitia PIFAF dengan pelaksanaan event ini segenap pedagang yang ada di Sport Center sangat aman dan terkendali, sehingga bisa menjual dengan nyaman. Semoga PIFAF ini tetap bertahan dan terbuka untuk semua pedagang tahun depan,”harap H Sute.

Salah satu stand yang paling menarik dikunjungi penikmat kopi adalah Program Inovasi Desa (PID) Desa kurrak Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Karya inovasi asli desa berlabel Kopi Kurrak tersedia cepat saji dengan aroma dan cita rasa khas yang ramai dikunjungi para pecandu kopi, apalagi saat ini menikmati kopi menjadi gaya yang tren bagi kaum laki-laki. Dan juga ada dijual dalam bentuk kemasan yang bisa bersaing dengan kopi instan lainnya.

“Desa Kurrak adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Tapango dengan dataran tinggi tanah yang miring dan tanah yang subur sebagai penghasil kopi sekaligus produsen minuman yang banyak digandrungi penikmat kopi. Kopi Kurrak karya inovasi kami dengan masyarakat yang dikembangkan lewat bantuan Bumdes Desa Kurrak,” kata Abd Haris, Kades Kurrak.

Baca Juga:  PKBM Audiens Laura Bahas Gebyar Pendidikan Non Formal

Lanjut Abd. Haris menyampaikan bahwa dari hasil penjualan Kopi Kurrak di event ini omzetnya mencapai jutaan rupiah.  Karya inovasi berbasis ekonomi ketakyatan ini merupakan aset yang sangat berharga yang perlu dikelolah dengan baik, dikembangkan dan dipertahankan demi untuk menjaga hasil bumi asli desa dan kelangsungan kehidupan masyarakat yang berdiam di Desa Kurrak. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here