PMR SMAN 5 Makassar Gelar Akrefitas Merah di Benteng Somba Opu. Kepsek: PMR Cikal Bakal Pejuang Kemanusian

GOWA (berandatimur.com) – Palang Merah Remaja Unit 205 SMAN 5 Makassar menggelar kegiatan kepalangmerahan dengan Akrevitas Merah 2019 dengan berbagai perlombaan diikuti ratusan siswa se Sulawesi Selatan.

Akrefitas Merah 2019 ini berlangsung di Benteng Somba Opu Kabupaten Gowa pada 1-5 Pebruari 2019.

Kepala SMAN 5 Makassar, Atmam Amir pada sambutannya, Jumat (1/2) malam mengapresiasi kerja keras siswanya sehingga kegiatan ini terlaksana dengan menghadirkan PMR dari kabupaten/kota lain di Sulsel.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan mengasah keterampilan para anggota PMR sekaligus bekal pada masa mendatang sebagai cikal bakal pejuang kemanusiaan.

Menurut Atmam Amir, palang merah bukan hanya tanggungjawab organisasi tetapi semua elemen secara bersama-sama.

“Kegiatan kepalangmerahan ini untuk mengasah keterampilan para siswa sekaligus bekal sebagai cikal bakal pejuang kemanusiaan,” ujar dia pada open ceremony Akrefitas Merah 2019 di Baruga Benteng Somba Opu..

Baca Juga:  IPEBI Sulsel Bantu Korban Banjir Makassar

Kepsek SMAN 5 Makassar ini mengajak peserta Akrefitas Merah 2019 ini mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya di sekolah dan lingkungan masyarakat tempat tinggalnya.

Kegiatan yang bertaraf regional se Sulsel ini tidak menutup kemungkinan dapat digelar secara nasional pada masa yang akan datang dengan melibatkan semua stakeholder.

Wawalikota Makassar, Syamsu Rizal (pakai rompi orange) didampingi Kepala SMAN 5 Makassar Atmam Amir foto bersama anggota PMR SMA se Sulsel pada kegiatan Akrefitas Merah yang digelar SMAN 5 Makassar di Benteng Somba Opu Kabupaten Gowa pada Jumat (1/2) malam.

Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal yang hadir pada kegiatan tersebut menyatakan, terima kasihnya kepada dewan pembina dan pengurus PMR SMAN 5 Makassar atas terselenggaranya kegiatan ini.

Daeng Ical sapaan Syamsu Rizal sekaligus menjabat Ketua PMR Kota Makassar menegaskan, kegiatan semacam ini tidak semua sekolah mampu melaksanakannya. Namun beberapa sekolah di Sulsel telah pernah menyelenggarakan dengan kegiatan yang sama termasuk SMAN 5 Makassar ini.

Baca Juga:  Nenek Ini Tinggalkan Rumah Sejak Pagi. Jejaknya Belum Ditemukan

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini,  Anasthasya menjelaskan, kegiatan yang diberi nama Akrefitas Merah 2019 memperlombakan tujuh perlombaan.

Perlombaan tersebut yakni cerdas cermat, poster PRS, pertolongan pertama, video anti hoaks, pasang bongkar tandu, duta penggerak Sebaya, dan Akrevitas got talent.

Selain itu ada pula kegiatan edukasi berupa Talkshow Youth Milenial ,Youth Leadership Training dan Workshop Content Creator ditambah kegiatan kemanusian yaitu donor darah.

Jumlah peserta berasal dari Kabupaten Bulukumba, Kota Parepare dan Kota Makassar totalnya 280 siswa SMA Se-Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Rita selaku Ketua Umum PMR SMAN 5 Makassar menyampaikan kegiatan kepalangmerahan oleh sekolahnya dilaksanakan sekali dalam dua tahun.

Baca Juga:  Mantap, KKB Miliki Lahan Pekuburan di Gowa

Akrefitas Merah 2019 meruoakan kegiatan keenam kalinya sejak 2009.  Kali ini bertemakan ” Strategi Cerdas Relawan Muda di Era Informatika”. (*)

Penulis: Atim

Editor: M Rusman

 

..

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here