Polewali Mandar Seleksi Tenaga Pendidikan Berprestasi

Polewali Mandar (BERANDATIMUR.COM) – Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat menggelar pemilihan tenaga pendidikan berprestasi dalam rangka meningkatkan prestasi, dedikasi, kinerja dan loyalitas.

Pemilihan tenaga pendidikan berprestasi terdiri guru, kepala sekolah dan pengawas tingkat TK, SD, dan SMP dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Kepala Bidang Pengembangan Mutu Pendidikan Abd Haris Syahril yang membuka acara ini di Aula Disdikbud Polewali Mandar Provinsi, Jumat (26/4) menyampaikan, pemilihan ini merupakan penghargaan pemerintah terhadap guru, kepala sekolah dan pengawas.

Ia menambahkan, kegiatan ini akan dijadikan tolak ukur dan evaluasi kompetensi, komitmen, dan integritas guru, kepala sekolah dan pengawas dalam melaksanakan tugas profesi.

Baca Juga:  Pemkab Polman Terima Mahasiswa KKN-PPL UNM

Haris menyatakan, guru adalah pendidik profesional dengan jabatan kepegawaiannya fungsional yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing dan melatih.

Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tapi harus juga memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan.

Begitu pula dengan kepala sekolah dan pengawas, kata Haris, mempunyai tugas pembinaan pada jajaran di bawahnya terkait pengelolaan SDM manajemen pengelolaan kegiatan belajar dan lingkungan.

Puluhan guru, kepala sekolah dan pengawas Kabupaten Polman Sulbar ikut seleksi tenaga pendidikan berprestasi tahun 2019. Foto: Almadar Fattah

Tujuan pemilihan guru berprestasi ini adalah mendorong motivasi, dedikasi, dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja dan prestasi kerja.

Baca Juga:  Laura: Jaga Persatuan Dalam Perbedaan Pilihan Politik

“Juara itu baik, tetapi yang lebih penting adalah rekan-rekan guru, kepala sekolah dan pengawas yang terpilih harus mampu melahirkan ide, kreatifitas inovasi dan profesionalisme dalam mengemban amanah yang mulia ini. Diharapkan punya kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Polewali Mandar,” pesan Haris.

Ketua Panitia Pemilihan Guru Berprestasi Hamzah menambahkan peserta yang ikuti pada tahun 2019 ini sebanyak 51 orang dari jenjang TK, SD dan SMP.

Hasil seleksi ini nantinya akan mewakili Kabupaten Polewali Mandar pada tingkat Provinsi Sulawesi Barat bahkan ke tingkat nasional, tegas Hamzah.

Baca Juga:  Malaysia Usir 63 TKI Ilegal ke Nunukan

“Peserta pemilihan guru berprestasi harus bersyukur karena mempunyai nilai lebih untuk dapat kesempatan untuk berkompetisi. Alur pengalaman menjadikan history tersendiri bagi peserta pemilihan guru berprestasi”, kata Hamzah. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here