“Polisi” Berpangkat AKBP Menipu Ratusan Juta Rupiah

NUNUKAN (berandatimur.com) –  Pria ini mengaku seorang anggota polisi dengan pangkat AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi) berhasil memperdaya korbannya dengan menggondol uang sebesar Rp410 juta terhadap lima korbannya di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.
Modus operandinya dengan mendatangi korbannya yang dianggap sangat berambisi menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) dijanjikan dibantu diloloskan.
Kapolres Nunukan, AKBP Teguh Triwantoro di Nunukan, Minggu (6/1) menyatakan, penangkapan pria gadungan ini berdasarkan laporan polisi nomor : LP/03/I/2019/Kaltara/Res Nunukan.

Pelaku penipuan mengaku polisi bernama Suka LC diapit dua anggota polisi KSKP Polres Nunukan.

Setelah salah seorang korbannya bernama Nur Janna (22) beralamat di Gang Limau RT 003 Kelurahan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan melaporkan pelaku atas unsur penipuan yang dialaminya.
Kejadiannya pada Senin (31/12) sekira pukul 15.00 wita, korban Nur Janna menyerahkan uang sebesar Rp45 juta kepada pelaku bernama Sima LC di Jalan Ujang Dewa RT 02 Kelurahan Nunukan Selatan.
Teguh Triwantoro menjelaskan, hasil pemeriksaan awal terhadap pelaku (Sima LC) ini mengaku seorang anggota polisi dengan pangkat perwira menengah (AKBP).
Pelaku yang berhasil memperdaya korbannya di Jalan Ujang Dewa Kelurahan Nunukan Selatan dengan menyerahkan uang sebesar Rp45 juta dengan iming-iming akan dibantu diloloskan menjadi PNS.

Baca Juga:  Umat Muslim Berburu Takjil di Pasar Wonomulyo
Barang bukti yang disita dari tangan Suka LC, polisi gadungan yang menipu di Kabupaten Nunukan.

Sebab korban ini mengaku kepada pelaku pernah ikut tes CPNS tetapi tidak lolos. Pelaku meminta nomor tes korban dengan alasan masih ada pengumuman susulan pada 4 Januari 2019.
Ketika janji pelaku tidak kunjung ditepati dimana 4 Januari 2019 akan ada pengumuman susulan seleksi CPNS. Korban Nur Janna baru sadar tertipu.
Atas kejadian tersebut korban melaporkan kepada Polres Nunukan. Setelah menerima laporan aparat kepolisian mendatangi lokasi kejadian.
Pada saat itu dilakukan penangkapan setelah memancing pelaku membicarakan ada orang yang minta dibantu masuk polwan.
Pelaku saat ini diamankan di sel tahanan Polres Nunukan untuk proses lebih lanjut. (***)

Baca Juga:  Pembunuh Anggota Kodim 0911 Nunukan Dideportasi Hari Ini ke Nunukan

Editor: M Rusman

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here