Polisi Malaysia: Kebakaran Surat Suara Pilpres Indonesia Bukan Unsur Kejahatan

Sandakan (BERANDATIMUR.COM) – Aparat kepolisian Malaysia menanggapi soal kasus kebakaran kotak dan surat suara pemilu 2019 pilpres dan pileg di Sandakan Negeri Sabah Malaysia yang terjadi pada Minggu (7/4) sekira pukul 15.00 waktu setempat.

Sebagaimana disampaikan Inspektur Hardy, Ketua Bagian Kriminal dan Inspektur Verus dari Bagian Traffic (Polantas) Wilayah Beluran Sandakan melalui pernyataan persnya di Kota Kinabalu, Rabu (10/4)

Kepolisian Malaysia melalui kedua pejabat dari Ibupejabat Polis Daerah (IPD) Beluran ini menegaskan, kejadian kebakaran kotak dan surat suara pemilu di wilayahnya murni kecelakaan biasa.

Maksudnya, tidak ada unsur kesengajaan atau hal lain yang sifatnya kriminal/kejahatan. Sesuai hasil penelusuran yang dilakukannya tidak ditemukan unsur kejahatan (jenayah) atau kesengajaan (khianat) dan tidak terdapat unsur pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga:  Puasa Ramadan Adalah Pintu Ampunan (Kilas Ke-13 Ramadhan 1440 H) Oleh: Imam Shamsi Ali*
SURAT SUARA TERBAKAR – Anggota Panwaslu Luar Negeri Kota Kinabalu, Imanuddin Siregar saat mengamati mobil pwngangkut surat suara dan kotak suara yang terbakar bersama mobil di Jalan Sapi Nangoh Wilayah Pamol Kawasan Beluran Sandakan Negeri Sabah, Rabu (10/4)

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Luar (PPLN) Kota Kinabalu Negeri Sabah, Cahyono Rustam pada hari yang sama mengutarakan, terkait dengan surat suara yang terbakar telah menyampaikan usulan dan permohonan izin kepada KPU RI dan Pokja Pemilihan Luar Negeri (PLN).

Dimana PPLN Kota Kinabalu diinstruksikan untuk dapat menggunakan kelebihan surat suara yang yang tersisa.

“Pada prinsipnya KPU dan Pokja PLN dapat menyetujui usulan tersebut,” ujar Cahyono.

Ia mengatakan, rencananya kotak suara pengganti akan dikirimkan langsung oleh petugas PPLN Kota Kinabalu kepada kedua kawasan perkebunan kelapa sawit yakni IJM dan Meridian.

“Yang penting lagi, surat suara pengganti akan dikirim besok pagi (Kamis) langsung ke ladang IJM dan Meridien,” kata dia.

Baca Juga:  Segera Dideportasi ke Nunukan, KJRI KK Sudah Verifikasi 260 WNI Pada 3 PTS

Kebakaran mobil pengangkut kotak dan surat suara untuk tiga Kotak Suara Keliling (KSK) di Jalan Sapi Nangoh arah ke Pamol Kawasan Beluran 80 kilo meter dari Kota Sandakan pada Minggu (7/4) sekira pukul 15.00 waktu setempat.

 

SURAT SUARA TERBAKAR – Tumpukan abu surat suara yang terbakar saat diantar ke lokasi pemungutan suara di perusahaan perkebunan IJM dan Meridian Wilayah Beluran Sandakan Negeri Sabah, Rabu (10/4)

Pantauan di lokasi kejadian mobil tersebut merek Toyota Rewo hangus termasuk enam kotak suara dan 1.818 lembar surat suara tidak dapat diselamatkan.

Penumpang yang ikut pada mobil pengangkut logistik pemilu 2019 ini sebanyak empat orang dan satu sopir bernama Saenuddin.

Hasil interogasi terhadap Saenudin mengatakan, dalam perjalanan tiba-tiba terdapat asap/api yang terlihat dibelakang mobil tempat kotak dan suara ditumpuk.

Baca Juga:  Tiga WNI diculik kelompok bersenjata diduga anggota polisi Filipina ditebus RM65.000

Mobil sempat berhenti dan yang bersangkutan berusaha menyelamatkan kotak suara.

Namun sebelum kotak suara diturunkan, terjadi letupan yg menyebabkan luka bakar di punggung dan tangan, aku Saenuddin sekaligus pemilik mobil yang terbakar.

Selanjutnya, para korban menyingkir dari mobil dan terjadi empat kali ledakan yang menyebabkan mobil rusak total. (***)

Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here