Polman Kembali Torehkan Prestasi, Peraih Piala Adipura Pertama di Sulbar

POLMAN (berandatimur.com)  – Kabupaten Polewali Mandar (Polman) kembali menorehkan prestasi nasional yang membanggakan dengan sukses meraih Piala Adipura pada Tahun 2019.

Selama dipimpin oleh Andi Ibrahim Masdar sebagai Bupati dan HM Natsir Rahmat sebagai Wakil Bupati, Piala Adipura ini merupakan prestasi nasional ke-17.

Cukup membanggakan atas torehan puluhan prestasi nasional yang disabet Kabupaten Polman meskipun sebelumnya tergolong daerah tertinggal.

Kantor Bupati Polman yang berdiri megah dengan kubah berwarna kemasan. Foto: Almadar Fattah

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Polman, Hikma di Polewali, Sabtu (12/1) menyatakan, Piala Adipura yang diraih daerahnya merupakan penghargaan pertama di Provinsi Sulbar.

Baca Juga:  Pemprov Kaltara Hadirkan Barang Murah di Perbatasan

“Ini suatu anugrah dan prestasi membanggakan bagi kita semua. Setelah melalui perjuangan dan proses panjang akhirnya bisa meraih penghargaan dibidang lingkungan hidup yaitu Adipura,” tutur Hikma.

Ia menerangkan, penyerahan penghargaan adipura ini akan berlangsung di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Mangala Wanabakti Jakarta pada 14 Januari 2019.

Pintu gerbang Perkampungan Jawa di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman. Foto: Almadar Fattah

Piala Adipura tersebut akan diterima langsung oleh Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar didampingi OPD (organisasi perangkat daerah) terkait yang masuk kelompok kerja (pokja) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Program Adipura ini, lanjut Hikma, merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup.

Baca Juga:  Lima Hari Menghilang, Gadis Ini Ditemukan Tewas Tergantung di Hutan

Melalui adipura ini akan membantu kita untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan lingkungan hidup yang baik, kata dia.

Tujuannya, untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar menunjukkan kemampuannya dalam melaksanakan pemerintahan yang baik (good governance) dibidang lingkungan hidup.

Selain itu, untuk mengsukseskan pengelolaan lingkungan hidup yang baik ini diharapkan peran serta masyarakat makanya dituangkan dalam peraturan daerah (perda).

Suasana lampu penerangan di pantai Kabupaten Polman pada malam hari. Foto: Almadar Fattah

Keberhasilan Kabupaten Polman meraih Piala Adipura ini menjadi kado indah pada usia yang ke-59 tahun.

Secara geografis, bagian selatan Kabupaten Polman berbatasan dengan Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Open House Kadisdikbud Polman, Andi Nursami: Mohon Maaf Lahir Bathin

Bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Mamasa (Sulbar) dan bagian utara berbatasan Kabupaten Majene (Sulbar). (*)

Penulis: Almadar Fattah

Editor: M Rusman

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here