Polman Raih Penghargaan APN 2019 Ketegori Silver dari IIPG

Polewali Mandar (BERANDATIMUR.COM) – Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat berhasil meraih penghargaan Anugrah Pandu Negeri (APN) 2019 kategori silver dari Indonesia Institute For Publik Governance (IIPG).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua IIPG, Sigit Pramono kepada Bupati Polewali Mandar H Andi Ibrahim Masdar.

Penyerahan ini juga disaksikan oleh mantan Wakil Presiden (Wapres) RI 2009 – 2014 Boediono selaku Ketua Dewan Penasehat IIPG di Audiotorium Binakarna Hotel Bidakara, Jakarta. Jumat malam, 25 Oktober 2019.

APN dari IIPG ini diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai berhasil membangun tata kelola dan budaya pemerintahan daerah yang bersih.

Penghargaan ini juga diberikan kepada pemimpin daerah inovatif dan kreatif yang berhasil melakukan terobosan dalam meningkatkan pertumbuhan sosial ekonomi melalui tata kelola reformasi.

Baca Juga:  Bupati Polman Monitor Pelaksanaan UNBK

AIM sapaan Andi Ibrahim Masdar usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan sambutan bahwa penghargaan ini sebuah PR yang perlu perhatian khususnya  dalam membangun tata kelola dan iklim budaya pemerintahan yang lebih inovatif lagi.

Sebab masih ada yang perlu diperbaiki oleh seluruh jajaran Pemkab Polewali Mandar, khususnya aspek kinerja dan tata kelola serta budaya pemerintahan agar jauh lebih baik lagi.

“Apa yang diraih malam ini harus menjadi penyemangat bagi para Aparatur Sipil Negara ( ASN) di bawah naungan Pemkab Polewali Mandar untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kinerja serta pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga:  MenindakIanjuti SE Mendikbud Ini Imbauan Kadisdikbud Polman

Sebelum penghargaan itu diserahkan AIM mengatakan, penghargaan dari IIPG itu bukan hanya hasil usahanya sendiri, tetapi berkat kerjasama semua pihak termasuk masyarakat punya andil besar di dalam membangun tata kelola dan budaya pemerintahan yang bersih.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IIPG Sigit Purnomo mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada kepala daerah yang mendapat penghargaan IIPG Anugrah Pandu Negeri 2019.

IIPG merupakan lembaga nirlaba sehingga  penyelenggaraannya tidak menggunakan sponsor, khususnya dari pemerintah daerah, serta hal ini dilakukan untuk menjaga indipendensi  dalam penilaian.

“Mudah-mudahan apa kami lakukan dengan penghargaan dari IIPG ini, pemerintah daerah yang mendapat penghargaan dapat memperkuat tata kelola dan budaya di daerah masing-masing,” kata Sigit.

Baca Juga:  Sulbar Masuk Cincin Api Pasifik, BMKG: Masyarakat Mengungsi Gempa Susulan Berpotensi Tsunami

Dari 548 provinsi, kota dan kabupaten yang dinilai, hanya ada 63 daerah yang berkinerja baik dan sangat baik dalam tata kelola pemerintahan.

Salah satunya Pemkab Polewali Mandar untuk kategori silver. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here