Poso (berandatimur.com) – Gempa bumi tak berpotensi tsunami mengguncang Kabupaten Poso, Sulteng berkekuatan magnitudo 5,0 SR (skala righter)pada pukul 05.33.37 wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi tektonik ini berada pada koordinat 1,26 LS dan 120,48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 33 km arah barat laut Kota Poso dengan kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono di Jakarta, Sabtu (3/11) menyebutkan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal yang disebabkan aktivitas sesar Sausu.

Baca Juga:  BRIN dan BMKG prediksi lebaran Idul Fitri 2022 jatuh pada 2 Mei, sidang isbat digelar 1 Mei

Analisanya, kata dia, gempabumi yang berada di daratan Kota Poso ini memiliki mekanisme pergerakan jenis sesar turun (normal fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Poso dalam skala intensitas III MMI dan Palu dalam skala intensitas I-II MMI, ujar dia melalui siaran persnya.

Rahmat menerangkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 06.47 WIB, Hasil monitoring BMKG telah tercatat adanya satu gempabumi susulan (aftershock).

Baca Juga:  Kapal dan Nelayan Diminta Waspadai Cuaca Ekstrim

Oleh karena itu, BMKG meminta kepada masyarakat di derah itu agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here