PPLN Sediakan 433 Kotak Suara Keliling pada Pilpres/Pileg 2019 di Wilker KJRI Kota Kinabalu

KOTA KINABALU (berandatimur.com) – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) menyediakan 433 kota suara keliling (KSK) bagi warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di ladang dan tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah keria Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah Malaysia pada pilpres dan pileg 2019.

Ketua PPLN Kota Kinabalu, Cahyono Rustam melalui pesan tertulisnya, Sabtu (23/2) mengungkapkan, selain menyediakan KSK akan dipersiapkan juga 26 tempat pemungutan suara (TPS) bagi WNI yang berdomisili dalam wilayah Kota Kinabalu.

Ke-26 TPS tersebut masing-masing 19 di Kantor KJRI dan tujuh di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), sebut Cahyono.

Baca Juga:  TKI di Sabah Terharu Sekolah Anaknya Dikunjungi Mendikbud
Petugas PPLN Kota Kinabalu menggelar sosialisasi pilpres dan pileg 2019 di Ladang Sapi Estate Negeri Sabah.

Mengenai 433 KSK yang disediakan adalah metode pemilihan dengan cara petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) mengunjungi tempat tinggal WNI di ladang-ladang.

Cahyono mengungkapkan, hasil pemutakhiran data pemilih tercatat jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah kerja KJRI Kota Kinabalu berjumlah 140.878 orang.

“Dari 140.878 pemilih tersebut akan menggunakan hak pilihnya pada 26 TPS dan 433 KSK bagi WNI di ladang,” beber Cahyono yang mengaku sedang berada di Seremban Negeri Sembilan mengikuti Rakor dengan Kedutaan Besar RI (KBRI) Kuala Lumpur.

Baca Juga:  Penghitungan Perolehan Suara Pilpres/Pileg di Kota Kinabalu Masih berlangsung

Ia menambahkan, demi kelancaran pelaksanaan pilpres dan pileg 2019 di wilker KJRI Kota Kinabalu, PPLN setempat telah merekrut 1.429 anggota KPPSLN masing-masing lima orang di TPS dan tiga orang di KSK.

Sosialisasi pilpres dan pileg 2019 di Ladang Sapi Estate Wilmar Negeri Sabah.

Petugas KPPSLN ini direktur dari WNI yang mengantongi paspor dan KTP. Khusus bagi petugas KPPSLN di ladang atau perkebunan direkrut dari WNI dengan memprioritaskan dari tenaga guru di community learning center (CLC).

“Pada saat perekrutan anggota KPPSLN ini wajib melampirkan KTP atau paspor sebagai bukti yang bersangkutan benar adalah WNI,” tegas Cahyono.

Baca Juga:  Anak TKI di Sabah Mulai Belajar Tatap Muka di Sekolah

Pemilu pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan calon anggota legislatif di luar negeri adalah 14 April 2019 atau lebih cepat dari jadwal di Indonesia yang digelar 17 April 2019.

Kemudian pemilihan anggota legislatif yang dipilih di luar negeri hanya calon DPR RI masuk daerah pemilihan Jakarta 3 saja. (***)

Editor : M Rusman

2 KOMENTAR

  1. Daerah-daerah di Sabah seperti Sandakan , Lahad Datu , Tawau , dll mohon diperjelas TPSnya di mana wartakan . Supaya WNI di sana nanti tanggal 14 April 2019 tidak bingun mencari TPS dan agar bisa mengatur waktunya .

    Saran saya agar pihak KJRI konsultasi dengan para majikan untuk memberikan hari cuti buat para TKI jelang hari pencoblosan , umumkan dari jauh hari . Saya kira itu saja terimakasih

    • koordinasi dengan KRI Tawau dan KJRI Kota KInabalu.

      Untuk WNI di ladang akan dibawakan kota suara keliling (KSK) dengan petugas dari CLC atau WNI di ladang tersebut

      Jika ada masalah atau belum mencoblos atau dipersulit oleh majikan call ke nomor 0812 5554 8008 (sebut nama lengkap dan ladang temnpat kerjanya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here