Relawan Wilayah 3 Kabudaya
Pengukuhan Relawan Pemenangan Zainal-Yansen di wilayah 3 Kabudaya, Nunukan

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Relawan Pemenangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kaltara nomor urut 3 Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum – Dr Yansen TP, M.Si di wilayah calon daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan (Kabudaya) dikukuhkan pada Selasa, 3 Nopember 2020.

Para relawan yang terdiri dari tokoh-tokoh adat, masyarakat, pemuda dan wanita yang datang dari berbagai kecamatan dan desa-desa di wilayah Kabudaya tersebut dikukuhkan langsung oleh Cawagub Yansen TP di Balai Adat Tahol Ansilulum, Desa Libang, Kecamatan Lumbis, Nunukan.

Ketua Tim Relawan Pemenangan ZIYAP Kabudaya Pdt Yefta Berto usai dikukuhkan mengatakan bahwa yang hadir dan turut dikukuhkan jadi relawan adalah tokoh adat dan masyarakat se Kabudaya.

“Itu tokoh adat dari Lumbis Hulu, dari Tau Lumbis, Lumbis Pansiangan itu Labang dan Panas. Kemudian Lumbis Ogong itu Binter, Tukulon hingga ke bawah sini, dan kemudian Lumbis Induk ini ada dari Sembakung Atulai, lalu Sembakung, Sebuku dan Tulin Onsoi,” ungkap Pdt. Yefta Berto.

Baca Juga:  Honorer Akan Dievaluasi, Bupati Nunukan: Berkinerja Buruk Dirumahkan

“Jadi tadi itu ada kepala-kepala adat besar mereka hadir dan juga ada kepala-kepala adat sampai desa-desa,” sambungnya. Selain dari tokoh-tokoh dan masyarakat Dayak di wilayah Kabudaya, juga ada tokoh-tokoh dari adat dan paguyuban lainnya seperti dari Suku Tidung, Bugis dan ada juga dari Timur yang juga turut hadir.

Antusias dari tokoh-tokoh dan masyarakat Kabudaya untuk memenangkan pasangan nomor urut 3 Zainal-Yansen, kata dia, bisa dilihat dari hadirnya secara langsung kepala-kepala adat dan tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh di Kabudaya.

“Kita bisa lihat tadi mereka begitu antusias, begitu semangat untuk memenangkan nomor 3,” katanya sambil mengatakan bahwa setelah dikukuhkan langsung bergerak ke desa-desa, walaupun sebelum dikukuhkan juga memang sudah bergerak untuk memenangkan Zainal-Yansen.

“Orang sudah menunggu saya di Mansalong, nanti setelah atur jadwal, kami roadshow dan kami sisir setiap desa,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kalimantan Timur dan juga Kaltara ini.

Baca Juga:  FKUB temui Gubernur Kaltara, siap kawal keharmonisan umat

Dirinya bersama para relawan akan menyampaikan kepada warga Kabudaya yang jumlah pemilihnya mencapai 30 ribuan orang ini bahwa pasang Zainal-Yansen lah yang pas untuk membawa perubahan untuk mewujudkan Kaltara maju dan sejahtera.

Sementara itu, Kalvianus Kilip Ukung selaku Ketua Lembaga Adat Dayak Tahol Kabupaten Nunukan dan sekaligus Kepala Suku Dayak Tahol yang menjadi tuan rumah mengatakan bahwa mereka memberikan dukungan tak sembarang memberi dukungan.

Pihaknya memberikan dukungan karena menilai visi misi dari pasangan Zainal-Yansen menyentuh hati rakyat karena membangun dari desa dan juga menata kota.
“Prinsipnya kami sebagai tokoh adat di Kabudaya, kami melihat bahwa visi dan misi beliau sangat sungguh menyentuh hati rakyat, karena membangun dari desa, RT sampai ke menata kota,” katanya.

Baca Juga:  Soal Perayaan Malam Pergantian Tahun, Pemprov Sulsel Minta Diisi Kegiatan Positif

Visi misi dan program seperti itulah yang pihaknya tunggu-tunggu karena pasti menyentuh ke semua lapisan masyarakat. Karena itulah, yang hadir memberikan dukungan dan ikut dikukuhkan menjadi tim relawan pemenangan ada dari berbagai suku yang ada di Kabudaya.

“Yang hadir ini adat dari Tahol, adat dari Kolor, dari Suku Agabag, kemudian Timur, Bugis, Tidung, Jawa, Banjar, kemudian tiga kepala adat besar, yaitu dari Atulai, Lumbis Induk dan Lumbis Ogong,” sebutnya.

Dengan hadirnya mereka, Kalvianus menegaskan bahwa masyarakat Kabudaya siap mendukung ZIYAP sepenuhnya. “Semoga berhasil perjuangan beliau (Zainal-Yansen) bersama rakyat,” ucapnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here