Seminar Nasional Internet Aman dan Sehat, Upaya Tangkal Hoax

MAKASSAR (berandatimur.com) – Mahasiswa Politeknik Negeri Ujungpandang Makassar Sulawesi Selatan menggelar Seminar Nasional Internet Aman dan Sehat sebagai upaya menangkal hoax bagi Warga net.

Seminar ini diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan Jurusan Teknik Elektro semester 6 di Baruga Anging Mammiri Rumah Jabatan Walikota Makassar, Sabtu (2/3).

Kedua Panitia Pelaksana, Diffary Ramdhan Halun mengatakan seminar ini menghadirkan dua narasumber ahli yaitu Dony B.U S.T, M.si dari Kemenkominfo RI dan Zukarnaim Masyur dari Cheif Sekuriti Sofrware Dev WASDLAB.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi dari Kemenkominfo ada sekira 140 juta pengguna internet aktif di Indonesia.

Baca Juga:  Nelayan SulSel apresiasi kerja sama Pemprov Maluku-Sulsel soal pembukaan akses
Direktur Politeknik Negeri Ujungpandang Makassar, Muhammad Abshar (ketiga kanan) foto bersama dengan nara sumber pada Seminar Nasional Internet Aman dan Sehat di Baruga Anging Mammiri Rujab Walikota Makassar, Sabtu (2/3).
Foto: Atim

Oleh karena itu, melalui seminar ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat dalam menggunakan internet dari segi etika dan meminimalisir dampak negatifnya di dunia maya.

Selain itu, maraknya peneyebaran hoax akhir-akhir ini maka perlunya sosialisasi cara menangkal hoax tersebut dikalangan warganet salah satunya melalui seminar semacam ini.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Negeri Ujungpandang Makassar,  Muhammad Anshar mengatakan, kegiatan seperti ini amat luar biasa sangat bermanfaat untuk menunjang kompentensi, ilmu pengetahuan akademik, kreatifitas dan kredebilitas mahasiswa.

Muhammad Anshar meminta kepada semua mahasiswa di almamaternya mencontoh kegiatan ini.

Baca Juga:  Mahasiswa UNM raih juara pada Kejuaraan Taekwondo Nasional 

“Saya sangat mengapresisasi di tengah kesibukan di Politeknik, mahasiswa menyempatkan waktu untuk mengadakan kegiatan seminar seperti ini,” ungkap dia.

Bahkan dia mengajak mahasiswanya menggelar seminar semacam ini bertaraf internasional dengan mengundang mahasiswa Malaysia, Thailand, Singapura dan kalau bisa sampai Jepang. (*)

 

Penulis : Atim
Editor  : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here