Perahu katinting di Pelabuhan Mantikas Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat. Foto: Doc

Sebatik (BERANDATIMUR.COM) – Kecelakaan laut kembali terjadi di perairan perbatasan Infonesia-Malaysia di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Kalimamtan Utara pada Minggu (26/5) dini hari sekira pukul 05.00 wita.

Kejadian tersebut menimpa sebuah kapal Walet 03 milik Kamiruddin, warga Eeo Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur ditabrak sebuah speedboat dengan kecepatan pada pagi buta itu.

Speedboat yang menabrak ini masij misterius karena belum diketahui pemilik dan muatannya..Banyak yang menduga kapal cepat (speerboat) ini diduga kuat muatannya barang ilegal atau selundupan dari atau ke negeri jiran Malaysia.

Baca Juga:  Nelayan Hilang Saat Memukat di Pulau Cermin Bulungan

Sesuai informasi yang diperoleh Basarnas Kaltim Kaltara dari pemilik kapal yang ditabrak bahwa lokasi kejadian di sekitar perairan Sei Taiwan Kecamatan Sebatik.

Kapal Walet 03 ini dinakhodai pria bernama Askal dengan dua anak buah. Pasca tabrakan itu, ketiga orang ini sempat hilang namun berhasil ditemukan oleh nelayan tak jauh dari lokasi tabrakan, sebut Kepala Seksi Operasi Basarnas Kaltim Kalrara, Octavianto melalui siaran persnya di Balikpapan, Minggu malam, 26 Mei 2019

“Tiga ABK kapal Walet 03 ini sempat dilaporkan hilang tapi sudah ditemukan oleh nelayan di sekitar pancang 02 Sei Taiwan juga dalam keadaan selamat,” beber Octavianto.

Baca Juga:  DP2KBP3A Flotim Ingatkan Orangtua Perhatikan Pola Hidup Anak

Ia menambahkan, kapal Walet 03 dikabarkan tenggelam. Sampai sekarang belum ditemukan.

Octavianto mengaku memghubingi Syahbandar Perikanan Nunukan bernama Moko. Petugas syahbandar ini membenarkan kejadian tersebut.

“Sesusi info dari Syahbandar Perikanan Nunukan bapak Moko memang benar kejadian kapal ditabrak speedboat dan seluruh korban sudah diselamatkan,” ujar dia.

Syahbandar Perikanan Sebatik ini, lanjut Octavianto, mendapatkan laporan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sebatik. Kejadiannya pada Minggu dini hari sekira pukul 05.00 wita.

Editor; M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here