Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan, Prabowo dan Anies malah turun

Survei Kandidat Capres 2024
Kolase Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan

Jakarta – Survei terbuka Litbang Kompas terkait Pemilu 2024 kembali dirilis hasilnya, untuk tiga tokoh yang banyak dibicarakan sebagai kandidat calon presiden (capres) yakni Prabowo Subianto (Ketum DPP Partai Gerindra), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta).

Hasil survei dari ketiga tokoh ini, elektabilitas Ganjar Pranowo yang mengalami tren kenaikan sedangkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan mengalami penurunan.

Survei tatap muka ini digelar pada 26 Mei-4 Juni 2022 dengan 1.200 responden yang dipilih secara acak dari 34 provinsi, elektabilitas Prabowo Subianto berada di peringkat teratas dengan 25,3 persen. Disusul Ganjar Pranowo 22 persen dan Anies 12,6 persen.

Baca Juga:  Hasil Survei: Jangan Jumawa, Aroma Semerbak Kemenangan ZIYAP Mulai Tercium

Jika dibandingkan dengan hasil survei pada Januari 2022, tren elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan dari 20,5 persen menjadi 22 persen. Sementara elektabilitas Prabowo turun dari 26,5 persen menjadi 25,3 persen. Begitu pula dengan Anies, dari 14,2 persen menjadi 12,6 persen.

Elektabilitas ketiga tokoh ini juga dipengaruhi oleh hubungan pemilih partai dimana mayoritas pemilih PKB, PDIP, dan NasDem cenderung memilih Ganjar.

Sedangkan pemilih Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat cenderung memilih Prabowo. Sementara pemilih PKS dan PPP cenderung memilih Anies. Untuk pemilih partai non parlemen dan partai baru lebih condong menjatuhkan pilihan ke Prabowo.

Baca Juga:  Mayoritas Masyarakat Kaltara Inginkan Petahana Tak Terpilih Lagi, Zainal-Yansen Sambut Kemenangan

Sementara itu, Sandiaga Uno berada di peringkat keempat dengan elektabilitas 4,4 persen, disusul Ridwan Kamil (3,4), Agus Harimurti Yudhoyono (3,1), Basuki Tjahaja Purnama (2,1), Tri Rismaharini (2), Andika Perkasa (1,5), dan Erick Thohir (1,4).

Survei menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat dengan margin of erroor 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (***)

Sumber: Kumparan
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here