Tak Lolos Verfak, PKN Ende Optimis Jadi Kontestan Pemilu 2024

Ende (BERANDATIMUR) – Walaupun tak lolos pada verifikasi faktual perbaikan,  Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Cabang Kabupaten ende, NTT optimis jadi kontestan pemilu 2024.

Sebab secara keseluruhan di Provinsi NTT, partai besutan Anas Urbaningrum ini dinyatakan lolos verfak perbaikan.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil rapat pleno KPU Kabupaten Ende pada Kamis, 8 Desember 2022.

Ketua Pimpinan Cabang (Pimcab) PKN Ende Alexander Sidi saat dihubungi awak media ini melalui sambungan telepon seluler pada Jumat malam, 9 Desember 2022 menjelaskan sesuai regulasi, walaupun KPU setempat mengumumkan partainya tidak lolos verfak tetapi jika PKN lolos pada tingkatan Provinsi NTT dan pusat lolos maka tetap menjadi peserta pemilu 2024.

“Walaupun kita di cabang Ende tidak memenuhi syarat secara tingkatan kabupaten tetapi kita yakin PKN NTT telah melebihi target dan kami PKN Cabang Ende optimis akan ikut berkontestasi di pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga:  PKN Flores Timur Buka Pendaftaran Bacaleg 2024

Lebih lanjut, Alexander Sidi mengapresiasi Bawaslu dan KPU Kabupaten Ende sebagai pihak penyelenggara dan proficiat kepada parpol yang sudah (MS) di daerah itu.

“Untuk KPUD luar biasa kerjanya, karena saya bayangkan bagaimana susahnya verfak di lapangan. Dan untuk teman-teman parpol yang mendapat MS saya ucapkan selamat dan tetap semangat dalam perjuangan membangun Kabupaten Ende yang lebih baik,” ungkap Lexi Sio sapaan Alexander Sidi yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Ende ini.

Secara keseluruhan di NTT, PKN telah lolos verfak sehingga jika KPU RI mengumumkan pada 14 Desember 2022 partai ini memenuhi syarat (MS) maka otomatis di Kabupaten Ende tetap ikut pemilu 2024.

Hal ini menjawab pertanyaan awak media berkaitan alasannya bisa ikut berkontestasi di pemilu 2024.

Baca Juga:  PKS Sulsel mulai pasang kuda-kuda, menyambut pemilu 2024

“Tentu saja kami memantau perkembangan PKN sampai ke pusat. Dan jika tiba saatnya, pada tanggal 14 Desember nanti diumumkan PKN lolos, maka kami akan mengibarkan bendera PKN di Kabupaten Ende karena secara otomatis PKN Ende akan menjadi salah satu kontestan peserta pemilu di Ende,” terangLexi So.

Ia akui sangat memahami dan ikut merasakan kegelisahan dari beberapa pengurus dan simpatisan karena PKN Ende tidak diikutsertakan didalam tahapan verifikasi.

“Ya saya tau dan paham kegelisahan para pengurus dan anggota PKN Ende. Tetapi yakinlah, bahwa yang kita kerjakan saat ini adalah kerja tim, sehingga walaupun tanpa Kabupaten Ende, PKN NTT telah melebihi target,” tutupnya.

Untuk di ketahui, Tahapan Verifikasi partai non parlemen telah selesai dilaksanakan serentak pada 7 Desember 2022. KPUD kabupaten/kota seluruh Indonesia telah mengumumkan partai yang lolos verfak. PKN Ende salah partai politik yang tidak lolos verfak di NTT.

Baca Juga:  Nasdem Lembata Rayakan HUT Ke-11, Hendrik: Siap Menang Pemilu 2024

Ketua KPUD Ende, Adolorata Maria da Lopez Bi dalam keterangan pers Kamis malam membenarkan delapan parpol yang mendapatkan status memenuhi syarat setelah dilakukan verfak.

Partai politik tersebut masing-masing PSI, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai PBB, Partai Umat dan Partai Garuda.

Reporter : Yakobus Elton Nggiri
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here