Irma Devita dari Irma Devita Learning Center (IDCL) baju ungu foto bersama peserta dari Komunitas Lingkar Makassar di Warunk Upnormal Makassar, Minggu (31/3). Foto: Atim

Makassar (BERANDATIMUR.COM). Demi menanamkan semangat patriotisme di kalangan generasi muda, Irma Devita Learning Center (IDLC) sosialisasikan sosok Pahlawan Nasional Moch Sroedji di Warunk Upnormal Jalan Andi Djema Kota Makassar Sulawesi Selatan, Ahad (30/3).

Sosialisasi yang digelar dalam bentuk ngobrol santai ini, menghadirkan pengiat literasi dan budaya yang ada di Kota Makassar sebagai peserta.

Irma Devita selaku narasumber, mengatakan sosialisasi sosok patriot Letkol Moch Sroedji telah kami lakukan di beberapa kota di Indenesia.

“Sebgai salah satu program di IDLC, kami sudah bersosialisasi di Jakarta, Malang, Jember, Lumjang, Banyuwangi, Surabaya, Yogyajakarja, Bandung, Bogor dan kali ini ke Bagian Indonesia Timur yakni Kota Makassar,” jelas dia.

Baca Juga:  Kalahkan Persija di Mattoanging, PSM Juara Piala Indonesia

Ia mengharapkan, intensitas sosialisasi yang dilakukannya kepada masyarakat dapat mengangkat kembali jati diri bangsa Indonesia yang pantang menyerah, cinta tanah air dan rela berkorban.

Irma menambahkan, generasi muda seharusnya lebih cenderung mengambil tauladan dari sosok pahlawan di tanah air bukan dari tokoh fiktif seperti kartun rambo.

“Orang luar saja seperti tentara Vietnam yang menang melawan negara adi daya, Amerika Serikat belajar pokok taktik perang gerilya Indonesia,” tandas dia.

Ini membuktikan pahlawan Indonesia punya keterampilan militer yang dapat di andalkan.

Oleh karena itu, semangat juang para pahlawan bangsa harus ditanamkan kepada generasi milenial.

Baca Juga:  Kasatpol PP Makassar M Iqbal Asnan pernah ancam habisi Najamuddin Sewang

Irma Devita merupakan cucu kandung Letkol Moch Sroedji juga telah menulis novel berjudul “Sang Patriot Sebuah Epos Kepahlawanan”. Novel ini bertujuan mengabadikan kisah perjuangan sang kakek.

“Jadi ibu saya merupakan anak keempat dari Letkol Moch Sroedji,” kata dia.

Selain buku, dia juga membuat komik dan materi visual yang mengisahkan tentang kakeknya, agar dapat dibaca oleh semua kalangan termasuk anak-anak muda agar lebih mudah mengenal lagi pahlawan nasional Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lingkar Makassar, Anna Asriani sangat mengapresiasi kegiatan yang di adakan IDLC terkait sosialisasi sejarah pahlawan nasional.

Baca Juga:  Kejari Parepare Buru 3 DPO Tersangka Pengadaan Obat RSUD

“Kami Komunitas Lingkar juga aktif menulis tentang budaya dan kearifan lokal. Kedepannya kami jug bisa mengikuti jejak IDLC untuk lebih aktif menulis sejarah Pahalawan di Makassar seperti yang di adakan IDLC,” tutup dia. (*)

Reporter : Atim
Editor      : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here