Tiba dari luar negeri, Presiden Jokowi langsung dikarantina

Presiden Jokowi Dikarantina Setibanya dari Luar Negeri
FOTO: Doc

Jakarta (BERANDATIMUR) – Presiden Joko Widodo mengakhiri lawatan kerja di luar negeri selama tujuh hari dan tiba kembali di Tanah Air pada Jumat pagi, 5 Nopember 2021.

Rombongan bertolak dari Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia berkode GIA-1 sekitar pukul 21.35 waktu setempat (WS) atau Jumat, 5 November 2021 pukul 00.35 WIB.

Dikutip dari ANTARA, PEA merupakan negara ketiga yang dikunjungi Kepala Negara setelah sebelumnya menghadiri KTT G20 di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021, dan dilanjutkan menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26 di Glasgow, Skotlandia pada 1-2 November 2021.

Selama di Dubai, Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) dan Ruler atau Emir Dubai PEA Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (MBR). Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam berbagai bidang.

Baca Juga:  BNPT miliki data kelompok radikal di kampus, mulai dosen hingga mahasiswa

Saat tiba di Bandara Sukarno Hatta sekitar pukul 08.30 WIB, kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan tidak ada penjemputan dari protokoler Istana. Sebagaimana dikutip dari akun Instagram Sekretaris Kabinet Pramono Anung bahwa kedatangan presiden dan rombongan tanpa penyambutan dan protokoler.

“Karena kami semua harus menjalani karantina selama 3 hari,” tulis Pramono.

Sekretariat Presiden pun memberikan penjelasan bahwa sesuai aturan yang berlaku setiap warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri diwajibkan menjalani karantina.

“Oleh karenanya, Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan, karena setibanya di tanah air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat,” ucap Heru dilansir dari Instagram Sekretariat Kabinet.

Baca Juga:  Nasdem deklarasi Capres 2024, Pengamat: Istana dan Parpol koalisi bakal bereaksi

Selama menjalani karantina, Jokowi akan tinggal terpisah dari keluarganya yang ada di Wisma Bayurini sesuai dengan prosedur tempat karantina.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito membenarkan bahwa Jokowi akan melaksanakan karantina mandiri.

Mengenai lamanya karantina, Ganip mengatakan sesuai Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka pelaku perjalanan internasional yang sudah menerima vaksin dosis lengkap diwajibkan melaksanakan karantina selama 3×24 jam. (***)

Baca Juga:  Berminat? Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here