Tiga Bandara di Kaltara Diusulkan pada APBN 2019

plang selamat datang pada pintu masuk Bandara Nunukan. Bandara ini salah satunya yang diusulkan Pemprov Kaltara untuk mendapatkan anggaran perpanjangan landasan pacu pesawat. Foto. doc

Kaltara (berandatimur.com) – Perintah Provinsi Kalimantan Utara mengusulkan pengembangan tiga bandara pada pemerintah pusat dianggarkan pada Anggaran Pemdapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Ketiga bandara tersebut adalah Bandara Tanjung Harapan Kabupaten Bulungan, Bandara Nunukan dan Bandara Internasional Kelas II Juwata Kota Tarakan.

Melalui pesan tertulis pada laman resmi Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie per 28 Juni 2018 menyebutkan, pemerintah pusat telah menyetujui usulan anggaran untuk pengembangan ketiga bandara itu melalui Kementerian Perhubungan RI.

Untuk Bandara Tanjung Harapan akan diperpanjang runway atau landasan pacu sepanjang 250 meter sehingga total panjang mencapai 1.800 meter.

Baca Juga:  Draf SK Bantuan Sembako dan Pembayaran PDAM Gratis Sudah Rampung

Irianto Lambrie mengutarakan, anggaran yang dibutuhkan untuk perpanjangan runway bandara ini sekira Rp40 miliar sampai Rp50 miliar.

Kemudian Bandara Nunukan juga diusulkan diperpanjang runwaynya sekira 500 meter sehingga menjadi 1.650 meter.

Bandara Nunukan telah pernah diuji coba mendarat maskapai Wings Air. Namun masih ditemukan beberapa kendala teknis diantaranya masih ada pepohonan dan menara dalam area bandara.

Pepohonan dan menara dapat mengganggu dan mengancam keselamatan penerbangan.

Selanjutnya penambahan runway Bandara Juwata Tarakan. Hanya saja belum dipastikan diperpanjang melalui sisi darat atau dilakukan reklamasi pantai.

Baca Juga:  Pemkab Nunukan Bantu Pemilik Rumah Roboh di Binalawan

Selain pengusulan anggaran pada APBN 2019 untuk sektor perhubungan, juga diajukan penganggaran pembangunan sejumlah ruas jalan. Infrastruktur jalan ini juga penting mengingat memperlancar konektivitas darat antar kabupaten dalam wilayah Kalimantan Utara juga dengan Kalimantan Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here