Tips Membangun Rumah Biaya Murah

Tips Membangun Rumah dengan Biaya Murah
Foto: google

Tips Memiliki rumah merupakan impian banyak orang, terutama generasi muda yang ingin hidup mandiri dan memulai hidup berumahtangga.

Banyak orang rela bekerja bagai kuda dari pagi hingga malam hari agar bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk membeli rumah.

Tak jarang, akhirnya membeli rumah dengan angsuran sampai berpuluh-puluh tahun.

Oleh karena itu perlu mengetahui tips membangun rumah dengan biaya murah.

Berikut 5 tips dasar dan penting untuk diketahui sebelum membangun rumah dengan biaya terbatas.

1. Tentukan Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Rancangan biaya merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh terlewati. Mulailah dari perencanaan ukuran tanah dan bangunan, kesesuaian bentuk rumah yang diinginkan, serta waktu pembangunan yang tepat.

Ketahui terlebih dahulu tipe rumah yang akan dibangun. Tipe rumah terdiri dari luas tanah dan luas bangunan. Alangkah lebih baiknya, sesuaikan dengan budget nyata yang dimiliki disesuaikan juga dengan kebutuhan jangka panjang.

Misalnya, jika ingin membeli tanah dengan harga murah pilihlah lokasi yang sesuai dan bukan berada di pusat kota. 

2. Survei Harga Material Bahan Bangunan

Baca Juga:  Cara renovasi rumah 2 lantai tanpa bongkar bangunan lama dan hemat biaya

Tdak ada salahnya untuk melakukan survei lapangan terhadap harga material dan bahan bangunan lainnya yang dibutuhkan. Toko bahan bangunan biasanya memasang harga yang bervariasi.

Apabila sudah dilakukan survei maka mulai membandingkan harga masing-masing toko sekiranya pas dengan budget yang dimiliki.

Pasalnya, biaya bahan bangunan inilah yang sering kali menjadi sumber bengkaknya anggaran secara tiba-tiba.

Jangan lupa untuk mencatat daftar perbandingan harganya, catat juga di mana akan membeli seluruh bahan dan material bangunan tersebut. Seperti semen, keramik, hingga cat.

Selain itu, ada pertimbangan lain yang harus dipikirkan juga, yakni transport untuk sampai ke lokasi bangunan. Jangan sampai memilih barang yang harga sebenarnya murah tapi dijual mahal karena biaya transportasi.

3. Pilih Bahan Bangunan yang Murah dan Berkualitas

Berkualitas bukan berarti harus mahal, harga mahal juga belum tentu berkualitas. Saat ini sudah banyak bahan material lokal yang kualitasnya bisa dibilang hampir menyamakan produk impor, bahkan lebih bagus.

Tapi sangat disayangkan, keberadaan bahan bangunan lokal, seperti kayu, sudah mulai langka dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi daripada yang diimpor dari luar Indonesia.

Baca Juga:  Cara Membuat Rumah Kayu Hemat Biaya, Sederhana Nan Cantik

4. Tentukan Desain Rumah yang Minimalis

Selain bahan material bangunan yang perlu juga dipertimbangkan adalah desain rumah yang hemat budget. Mulai dari tata letak ruangan hingga properti di dalamnya.

Desain rumah minimalis menjadi tren saat ini karena memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Mengurangi biaya bahan bangunan karena tidak membutuhkan banyak ruangan.
  • Ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu bisa sekaligus dijadikan ruang keluarga, atau ruang makan bisa dijadikan satu dengan dapur.
  • Tidak memerlukan jasa arsitek untuk mendesain rumah. Lihat saja contoh rumah minimalis di internet, sudah banyak kok.
  • Tidak perlu membeli lebih banyak properti untuk mengisi ruangan.

Dengan konsep rumah yang minimalis, maka tidak perlu membeli properti rumah yang tidak dibutuhkan. Daripada untuk membeli barang-barang tidak bermanfaat, lebih baik sisa uangnya dialokasikan untuk berinvestasi.

5. Gunakan Jasa Tukang Bangunan Secara ‘Borongan’

Terakhir, yang harus dipikirkan adalah jasa tukang untuk membangun. Sistem kerja tukang bangunan ada dua, yaitu harian dan borongan. Jika ingin menekan pengeluaran, lebih baik pilih sistem borongan. Mengapa?

Baca Juga:  Wartawan Berandatimur Dapat Reward  Dari Dandim 1624 Flotim

Dalam sistem harian, berarti harus mengawasi pengerjaan setiap hari. Jika dalam beberapa hari ke depan pengerjaannya terlihat tidak beres, maka berhak memberhentikannya saat itu juga.

Sedangkan dalam sistem borongan, tidak perlu mengawasi pengerjaan setiap hari. Biasanya akan ada mandornya, tapi lagi-lagi tetap harus merekrut orang yang dipercaya agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar sampai selesai.

Berbagai hal perlu diperhatikan, mulai dari siapa yang akan mengerjakan sampai waktu pengerjaan pembangunan.

Cari tahu tukang bangunan yang dapat dipercaya, biasanya informasi didapatkan dari tetangga, teman dan keluarga dekat. Selain itu pilih yang berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang tidak diragukan lagi.

Nah, itu tadi tips membangun rumah hemat biaya yang bisa diterapkan. (berbagai sumber)

Editor: M Rusman 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here