TKW Asal Jatim Dipulangkan Dari Sabah Karena Stroke

NUNUKAN (berandatimur.com) – Seorang TKW (tenaga kerja wanita) asal Kabupaten Kediri Jawa Timur terpaksa minta dipulangkan ke kampung halamannya karena menderita sakit stroke di Negeri Sabah Malaysia.

Melalui Kepala Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Nasution di Nunukan, Kamis (3/1) mengatakan, TKW bernama Yuli binti Darmon (60) berasal dari Desa Dadakan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Jawa Timur.

TKW tersebut dipulangkan atas permintaan sendiri kepada Konsulat RI Tawau Negeri Sabah sehubungan penyakit yang dideritanya yang tak kunjung sembuh.

Baca Juga:  Tim Gabungan Amankan 3 WN Malaysia Dari Sulsel
TKW bernama Yuli binti Darmon asal Kabupaten Kediri Jatim menggunakan kursi roda saat masih berada di Pelabuhan Tawau Negeri Sabah Malaysia, Kamis (3/1).

Berdasarkan surat dari Konsulat RI Tawau Negeri Sabah Nomor: 1351/Kons/XII/2018 tertanggal 31 Desember 2018, TKW ini tidak punya sanak keluarga di Negeri Sabah atau hidup sebatang kara.

Bahkan kata Nasution, mengacu pada surat KRI Tawau bersangkutan tidak memiliki pekerjaan di Negeri Jiran sehingga tidak memiliki biaya untuk pulang ke kampung halamannya.

Informasi dari staf KRI Tawau yang mengantar ke Kabupaten Nunukan, TKW bersangkutan memiliki keturunan Tana Toraja Sulawesi Selatan tetapi lahir di Kabupaten Kediri.

Masih kata staf KRI Tawau ini, Yuli menderita sakit stroke alias lumpuh sehingga setibanya di Pelabuhan Internasional Tunon Taka langsung dirujuk ke RSUD Nunukan oleh petugas Kesehatan Pelabuhan.

Baca Juga:  Horeeee...Ratusan Anak TKI di Sabah Lanjutkan Pendidikan di Indonesia

TKW ini tiba DI Pelabuhan Tunon Taka sekira pukul 13.00 wita menggunakan kapal angkutan resmi KM Labuan Ekspres V.

Setibanya di pelabuhan tersebut, dijemput oleh petugas kepolisian, imigrasi, kesehatan pelabuhan dan BP3TKI setempat. (***)

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here