Triwulan II-2018, Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,38%

Makassar (berandatimur.com) – Pada triwulan II 2018, pertumbuhan ekonomi Sulsel sebesar 7,38 persen (year to year) atau relatif sama dengan triwulan yang sama pada 2017.

Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulsel melalui Kepala Grup, Amanlison Sembiring melalui siaran persnya, Rabu (8/8) menerangkan, pertumbuhan ekonomi ini menempatkan Sulsel pada peringkat 4 nasional dari 34 provinsi di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh faktor utama didorong oleh lapangan usaha pertanian seiring bergesernya panen raya pada sejumlah daerah seperti Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo dan Luwu.

Kemudian faktor utama kedua adalah, perdagangan besar dan eceran karena daya beli masyarakat yang kuat pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) disertai dengan pencairan tunjangan hari raya (THR) PNS.

Baca Juga:  GH Corner Hadir di Makassar Sajikan Makanan Islami

Ketiga, dipengaruhi oleh lapangan usaha administrasi pemerintah tambah tinggi sejalan dengan realisasi belanja pegawai yang memiliki besaran lebih tinggi.

Amanlison Sembiring menambahkan, dari sisi pengeluaran di Sulsel dipengaruhi oleh faktor tetap kuatnya konsumsi rumah tangga dan meningkatnya impor untuk kebutuhan infrastruktur.

Pada kesempatan tersebut Amanlison mengatakan, konsumsi rumah tangga tumbuh 5,66% (year to year) didorong daya beli masyarakat yang terjaga pada saat HBKN dengan penyaluran THR dan tambahan gaji PNS.

Lalu, lanjut dia, impor Sulsel tumbuh 4,52% (year to year) khususnya kebutuhan bahan baku industri dan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga:  Indonesia Diramalkan Peringkat 8 Ekonomi Terbesar Dunia Pada 2035

Pada sisi investasi juga tumbuh 6,32% (year to year) dimana terus berlangsungnya proyek strategi nasional (PSN), infrastruktur bandara, jalan, energi dan pendukung pertanian. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here