Wabup Nunukan Surati Bea Cukai Bermohon Segera Buka Pelayanan Administrasi

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) РPolemik penghentian pelayanan administrasi ekspor impor dari Tawau Negeri Sabah Malaysia menemui titik terang setelah adanya surat Pemkab Nunukan Kalimantan Utara kepada Kantor Bea Cukai setempat untuk membuka kembali pelayanan bagi pedagang lintas batas.
Surat yang ditandatangani Wakil Bupati Nunukan, Faridil Murad dengan nomor: 091/Ekonomi/500/VII/2019 perihal Permohonan Pembukaan Pelayanan Administrasi Perdagangan Lintas Batas tertanggal 2 Juli 2019.
Permohonan Pemkab Nunukan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2019 tentang Perdagangan Perbatasan dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 80/PMK.04/2019 tentang Ekspor Impor Barang yang Dibawa Pelintas Batas.
Terbitnya surat Pemkab Nunukan ini atas rekomendasi DPRD Nunukan bernomor: 056-DPRD/170/VII/2019 yang ditandatangani Ketua DPRD Nunukan, Haji Danni Iskandar mengacu pada hasil rapat dengar pendapat dengan pengusaha lintas batas yang dihadiri pemda dan forum koordinasi pimpinan daerah pada Senin, 1 Juli 2019.
Surat Pemkab Nunukan yang ditandatangani Wabup Faridil Murad tertanggal 2 Juli 2019
Ketua Umum Himpunan Pedagang Lintas Batas (HPLB) Indonesia-Malaysia Kabupaten Nunukan, Petrus Kanisius menanggapi hal ini dengan menyatakan, Bea Cukai Nunukan segera membuka pelayanan administrasi sesuai dengan surat dari Pemkab Nunukan tersebut.
Ia mengaku tidak mempermasalahkan apabila hasil pertemuan dengan kementerian pada 8 Juli 2019 ada keputusan baru.
Sebab Petrus nilai, keputusan pemerintah itu baik. Cuma, sebelum pertemuan tersebut meminta agar Bea Cukai Nunukan memberikan izin melakukan kegiatan angkut barang dari Tawau.
Rekomendasi DPRD Nunukan yang ditujukan kepada Bupati Nunukan terkait hasil RDP pada Senin (1/7)
Surat Pemkab dan DPRD Nunukan diserahkan langsung oleh Petrus bersama puluhan pedagang lintas batas di Kantor Bea Cukai Nunukan sekira pukul 15.46 wita.
Surat tersebut diterima Kepala Seksi Pelayanan Kantor Bea Cukai Nunukan, Fruri didampingi Andi Abdillah dari Seksi Penindakan dan Pencegahan.
Atas nama pedagang lintas batas, Petrus meminta Bea Cukai secepatnya menindaklanjuti surat tersebut.
Sementara Fruri menyatakan, surat Pemkab Nunukan segera disampaikan kepada Kepala Kantor Bea Cukai Nunukan, M Solahudin yang sedang berada di luar kota. (*)
Editor: M Rusman

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here