Warga Polman Tumpah Ruah Saat Piala Adipura Diarak

POLEWALI MANDAR (berandatimur.com) – Piala Adipura kategori kota kecil berhasil diraih Kabupaten Polman Sulawesi Barat diarak keliling mendapat sambutan meriah hingga warganya tumpah ruah di pinggir jalan.

Pengarakan piala yang diterima bersama 146 kabupaten/kota lainnya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini melibatkan masyarakat dan siswa-siswi di daerah itu.

Kegembiraan masyarakat Kabupaten Polman atas Piala Adipura yang pertama kali diraih ini patut diapresiasi karena pertama kali di Sulawesi Barat.

Kedatangan Piala Adipura disambut mulai di perbatasan dengan Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan oleh puluhan kendaraan roda dua dan roda empat.

Sepanjang jalan menuju ibukota Kabupaten Polman, warga berbaur dengan pelajar melambaikan tangan dan bersorak ditambah berbagai bentuk spanduk yang terpasang sebagai ucapan selamat.

Baca Juga:  Bijak, Tangan Dingin Andi Ibrahim Masdar (AIM) Ubah Wajah Kabupaten Polman

Tanda kegembiraan mendapatkan piala adipura ini diarak hingga Kecamatan Wonomulyo. Lalu kembali ke Kantor Bupati Polman.

Usai diarak, Piala Adipura dipajang di Halaman Kantor Bupati Polman sebelum diserahkan kepada Ketua DPRD Polman

Sebelum diarak keliling, Kabag Humas Pemkab Polman Aco Musaddad menyampaikan pengarakan piala ini melibatkan seluruh pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah), camat hingga lurah.

Penghargaan Adiwiyata Ikut Diarak

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, Hj Andi Nursami Masdar mengutarakan, pada pengarakan Piala Adipura keliling ibukota juga akan ikut mengarak beberapa penghargaan nasional untuk sekolah yang diterima di penghujung tahun 2018.

Seperti, penghargaan Adiwiyata Nasional yang diraih SD 007 Sidodadi serta penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih SMPN 3 Polewali, SMAN 1 Polewali dan MAN Polewali Mandar.

Baca Juga:  Soal Surat Edaran Kemenag RI, Umat Diminta Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan 

Andi Sami sapaan Hj Andi Nursami menyatakan, tujuan mengarak penghargaan Adiwiyata adalah untuk mengapresiasi hasil capaian satuan pendidikan dan sekaligus memotivasi satuan pendidikan lainnya yang ada di Kabupaten Polewali Mandar.

“Semoga tahun berikutnya ada lagi berhasil mendapat penghargaan atau sejenisnya,” ujar dia.

Setibanya di jalan depan Kantor Bupati Polman, Piala Adipura disambut dengan parade dan marching band.

Setelah dipajang beberapa saat di Halaman Kantor Bupati, langsung diserahkan kepada Ketua DPRD Polewali Mandar Fariduddin Wahid.

Piala Adipura Dipersembahkan Untuk Masyarakat

Bupati Polewali Mandar H Andi Ibrahim Masdar dalam sambutannya menuturkan,  Piala Adipura ini bukan milik pribadi dan bukan milik pemerintah tetapi dipersembahkan untuk semua masyarakat Polewali Mandar.

Baca Juga:  Maulid Nabi Muhammad SAW di Disdikbud, Bupati Polman: Petik Hikmahnya
Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar (memegang piala adipura) didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Polman, Hj Andi Nursami Masdar

“Untuk itu terima kasih semua, khususnya masyarakat Polewali Mandar,” seru AIM sapaan Bupati Polman.

Ia menegaskan, isu lingkungan wajib menjadi perhatian kita semua. Oleh karena itu, mendorong semua pihak tanpa kecuali untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Penghargaan ini dapat menjadi stimulasi bagi masyarakat agar menjaga lingkungannya. “Lingkungan yang baik dan asri akan menjadikan warga masyarakat yang maju dan malaqbi,” kata dia. (*)

Penulis: Almadar Fattah

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here